Meriahkan HUT Kota Curup ke-144 Tahun 2024, Mahasiswa IAIN Curup Berhasil Bawa Tropi Pada Ajang Seni Tari dan Band Daerah

Meriahkan HUT Kota Curup ke-144 Tahun 2024, Mahasiswa IAIN Curup Berhasil Bawa Tropi Pada Ajang Seni Tari dan Band Daerah

HMS IAIN Crp,-Hari Ulang Tahun (HUT) kota Curup ke-144  dirayakan dengan meriah oleh seluruh kalangan Masyarakat yang ada di Kota Curup Acara yang  dimulai tanggal 12 Mei 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong, Barbagai macam Perlombaan dan juga penampilan Kreasi seperti pergelaran Seni  dan Budaya dari seluruh Masyarakat yang tinggal di Kota Curup.

Dalam Rangka memeriahkan HUT kota Curup juga  kontingen Mahasiswa IAIN Curup pada saat pawai tampil memukau dengan mengenakan baju adat Rejang, Padang, Jawa, dan Sunda dalam pawai yang diadakan pada hari Rabu, 8 Mei.

Selain pawai, terdapat juga beberapa acara lain yang diadakan dalam perayaan tersebut. Salah satunya adalah lomba tari yang terdiri dari Tari Kejei dan Tari Kreasi. Tari Kejei dilombakan pada hari Selasa, 14 Mei, dengan 6 penari, 3 pemusik, dan 1 nyambei. Sedangkan Tari Kreasi dengan judul “Tari Masak Lemang di Rejang Lebong” dilombakan juga pada hari Selasa, 14 Mei 2024, dengan 6 penari.

Pada acara lomba tari tersebut, Tari Kejei yang dibawakan oleh Mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian berhasil meraih Juara 3 dalam kategori umum, sedangkan Tari Kreasi (Tari Masak Lemang di Rejang Lebong) meraih Juara Harapan 3 dalam kategori umum.

Puput Indasari salah satu peserta Tari Kejei Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Curup mengatakan agar kedepan lebih banyak lagi mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup dapat melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Dengan adanya lomba HUT Kota Curup ini saya berharap semoga mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup dapat lebih berpartisipasi dalam melestarikan budaya yang ada di daerahnya, dan semoga kota Curup lebih maju lagi kedepannya,”kata Puput dalam Wawancara.

Selain itu juga Mahasiswa IAIN Curup menyumbang Band bentukan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Curup, Baracoustic berhasil meraih juara III perlombaan tingkat Umum, pada cabang perlombaan Band Adat dan Budaya Nusantara.

Perlombaan yang di gelar pada tanggal 11 Mei. Anggota Band ini terdiri dari 6 Mahasiswa IAIN Curup, dengan program studi yang berbeda, yaitu Muhammad Hafidz Fadillah progam studi Komunikasi penyiaran Islam ( KPI), Faishal Al habib program studi Komunikasi penyiaran islam ( KPI), Aldiansyah program studi Perbankan Syariah ( PS ), Rama Kurniadi program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Rizki Taufiqurrohman program studi Pendidikan Agama Islam ( PAI ), Ikhsan Fauzi Anugrah Program Studi Pendidikan Agama Islam ( PAI ).

Dalam wawancara Faishal Al habib selaku salah satu Anggota Bang Baracoustic menuturkan.

“Terkhususnya Band Baracoustic yang beranggotakan Mahasiswa IAIN Curup berharap semoga kejuaraan ini bisa menjadi awal perjalanan kami untuk menjadi lebih baik dan juga dapat lebih berkembang lagi dalam mengembangkan bakat kami kedepannya”. Ujarnya, Selasa (14/5/2024).

Semua acara tersebut dilaksanakan di Panggung Utama Dwi Tunggal. Selamat kepada semua mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup yang telah berpartisipasi dan meriahkan HUT kota Curup ke-144 dengan penampilan yang spektakuler.