PRODI TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN CURUP RAIH AKREDITASI UNGGUL

PRODI TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN CURUP RAIH AKREDITASI UNGGUL

HMS IAIN Crp,-Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup berhasil meraih Akreditasi Unggul pada Rabu 27 Maret 2024. Hal ini membawa harapan baru bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya dalam bidang Pendidikan Guru Bahasa Inggris.

Tim assesor Lamdik yang terdiri dari Prof. Dr. H. Giyoto, M.Hum, dan Prof. Dr. Ratna Sari Dewi, M.Pd, melaksanakan Assesment Lapangan secara langsung di Aula Harun Ar-Rasyid perpustakaan IAIN Curup pada tangga 21 hingga 23 Februari 2024.

Rektor IAIN Curup Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd.I mengatakan, bahwa pencapaian tersebut merupakan kerja sama semua pihak yang ada di kampus IAIN Curup.

“Selamat dan terimakasih kepada segenap pimpinan fakultas, prodi dan tim akreditasi, (Lembaga Penjami Mutu) LPM dan semua unit yang terkait. Tanpa kerjasama yg baik tidak mungkin prestasi akreditasi Unggul Tersebut akan tercapai. Dengan rasa gembira, saya atas nama civitas akademika IAIN Curup sekali lagi mengucapkan terimakasih.” Kata Rektor IAIN Curup, Rabu (27/3/2024).

Selanjutnya Prof Idi juga mengungkapkan bahwa pada tahun ini akan ada dua prodi yang akan di usahakan untuk menjadi Akreditasi Unggul. Tahun 2025 Institusi IAIN Curup beserta tambahan minimal 9 prodi dapat di upayakan memperoleh akreditasi dengan predikat Unggul.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Juga menegaskan akan selalu berkomitmen untuk selalu konsisten mengembangkan kampus IAIN Curup lebih baik dimasa depan.

“Pada tahun ini, kami telah mendorong dan mengupayakan dua program studi yaitu Manajemen Pendidikan Islam (MPI) S1 dan Pendidikan Agama Islam (PAI) S2. Ini merupakan langkah awal kami dalam mencapai target minimal memiliki enam program studi pada tahun 2025. Kami percaya bahwa dengan terus berinovasi dan beradaptasi, IAIN Curup dapat memberikan pendidikan terbaik untuk para mahasiswa kami.” Tegas Prof Idi.

Lebih lanjut Prof Idi menyampaikan harapan kedepannya “Dengan Akreditasi Unggul, diharapkan menambah kepercayaan Masyarakat terhadap IAIN Curup,”

Akreditasi unggul ini diharapkan dapat mengukuhkan Prodi Tadris Bahasa Inggris IAIN Curup sebagai program studi yang berkualitas  dan mampu memenuhi standar internasional dalam penyelenggaraan pendidikan dan riset di bidang keguruan. Dengan dukungan akreditasi unggul dapat menjalin kerja sama secara internasional yang lebih luas. Dan siap menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi dalam mengembangkan ilmu keguruan, penerjemah, serta mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjawab kebutuhan masyarakat.