MENWA IAIN CURUP MENYELENGGARAKAN DIKSAR SE- PROVINSI BENGKULU

MENWA IAIN CURUP MENYELENGGARAKAN DIKSAR SE- PROVINSI BENGKULU

HMS IAIN Crp,- Resimen Mahasiswa MENWA Satuan 2605 CYP  IAIN Curup menyelenggarakan diksar Ke 4 Yudha 20 Se- Provinsi Bengkulu, yang dilaksanakan di Batalyon Infanteri 144 Jaya Yudha Kabupaten Rejang Lebong, Dihadiri Wakil Rektor III IAIN Curup, Bupati Rejang Lebong, DANDIM 0409 Rejang Lebong, Kapolres Rejang Lebong, DANYON 144 Jaya Yudha, dan Seluruh Alumni MENWA Serejang Lebong, Pemadam Kebakaran (DAMKAR) dan SAT POL PP Rejang Lebong.

Diksar ini diikuti oleh 16 Peserta, adapun 7 dari IAIN Curup, 1 Universita Pat Petulai, 8 Universitas Islam Negeri UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Pendidikan MENWA ini dimulai pada tanggal 16 -21 Desember 2023, dan dibuka langsung bupati Kabupaten Rejang Lebong Drs. Syamsul Effendi, M.M, dilapangan Pandawa Batalyon Infanteri 144 Jaya Yudha Menyampaikan.

“Resimen mahasiswa (MENWA) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai Perwujudan Sistem Pertahanan Dan Keamanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA),” Kata Bupati.

“Mahasiswa sebagai calon sarjana penerus pembangunan bangsa dan negara, dalam setiap penggantian era pemimpin dari negeri ini tidak terlepas dari mahasiswa. Salah satu integritas gerakan mahasiswa mempunyai nilai yang tidak bisa dibayar dengan materi sekalipun , demi tegak nya Negara kesatuan republik indonesia, resimen mahasiswa sebagai bagian dari mahasiswa, secara keseluruhan harus tetap menjadi satu kesatuan di tengah rekan-rekan mahasiswa lainnya, resimen mahasiswa merupakan salah satu organisasi intra kampus dan ekstrakulikuler perguruan tinggi yang mempunyai ciri dengan identitas yang lain dari mahasiswa umum nya,” Tambah Bupati Rejang Lebong.

Dalam wawancara Feni Kurniati selaku Komandan Satuan (DANSAT) 2605 CYP  IAIN Curup menyampaikan.

“Pada tahun ini mengirimkan sebanyak 7 Anggota Satuan 2605 untuk mengikuti Pendidikan Dasar Militer (DIKSARMIL), dengan harapan setelah mengikuti kegiatan ini Anggota Baru dapat mengabdi untuk MENWA dan Institusi,’’Kata  Feni.

Selanjutnya DANSAT 2605 CYP  IAIN Curup juga menyampaikan berkenaan dengan DIKSARMIL yang Wajib Diikuti Bagi Anggota Baru.

“DIKSARMIL ini merupakan gerbang utama bagi anggota baru untuk bergabung di Resimen Mahasiswa dan diakui keanggotaannya secara Nasional,”Tutup DANSAT dalam Wawancara, Kamis (21/12/2023).

Adapun Kegiatan Diksar ini Meliputi:

  1. Wawasan Kebangsaan
  2. Kemenwaan
  3. Bela Diri Militer
  4. Bongkar Pasang Senjata
  5. Taktik Tempur Jarak Dekat
  6. Kompas dan Navigasi Darat
  7. Jurit Malam
  8. Long Mars
  9. Survival
  10. Halang Rintang
  11. Montenering
  12. Tata Upacara Militer
  13. Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dll.