IAIN Curup Gelar Pengukuhan dan Orasi ilmia 4 Guru Besar

IAIN Curup Gelar Pengukuhan dan Orasi ilmia 4 Guru Besar

HMS IAIN Crp,- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan melaksanakan Kegiatan Pengukuhan 4 Guru Besar  pada upacara pengukuhan yang berlangsung di Aula Rektor lantai 1. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting , serta diwarnai oleh penampilan seni yang memukau.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Republik Indonesia (Dirjen Pendis RI), Rektor IAIN Curup, Kepala Senat Beserta jajaranya, Kepala Biro AUAK IAIN Curup, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu (Kakanwil), Wakil Rektor 1, 2, 3., Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UIN FAS), seluruh Dekan Fakultas di lingkungan IAIN Curup, dosen, para tamu undangan, serta seluruh pegawai dan karyawan Civitas Akademika IAIN Curup, turut menyaksikan momen bersejarah ini. Mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup yang diundang juga turut memeriahkan acara tersebut.

Pengangkatan Guru Besar telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia. Proses pengukuhan dibuka dan ditutup oleh Ketua Senat IAIN Curup, Rafia Arcanita, M.Pd.I.

Adapun Nama-nama empat Pengukuhan Guru Besar 2023 adalah sebagai berikut:

Prof. Dr. H. Lukman Asha, M.Pd.I, Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan.

Prof. Dr. H. Hamengkubuwono, M.Pd, Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan.

Prof. Dr. Murniyanto, M.Pd, Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan.

Prof. Dr. Hendra Harmi, M.Pd, Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Islam.

Mengawali sambutannya, Prof. Dr. H. Ali Ramdani, S.TP, M.T., selaku Dirjen Pendis RI sekaligus pengukuhan guru besar IAIN Curup, mengucapkan selamat kepada keempat guru besar yang baru saja dikukuhkan. ia berharap mereka dapat mengamalkan ilmunya dengan baik, terutama dalam bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan.

“Saya mengucapkan selamat kepada keempat Profesor yang telah dikukuhkan di IAIN Curup. Semoga ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia,” kata Prof. Ali Ramdani.

Selanjutnya Prof. Ali Ramdani juga mengungkapkan rasa senangnya atas kesuksesan para profesor ini. ia juga mengapresiasi peran orang-orang yang telah membantu mereka dalam perjalanan menuju gelar guru besar.

“Selamat kepada para profesor. Mereka tidak lupa kepada orang-orang yang telah berkontribusi dalam perjalanan mereka menuju keprofesoran. Ini adalah hari yang bahagia bagi keempat guru besar yang baru saja megikuti pengukuhan yang dilaksanakan kampus IAIN Curup,” tambahnya.

Pengukuhan Guru Besar (PGB) ini menjadi lebih istimewa dengan penampilan paduan suara dari IAIN Curup dan pertunjukan Doll dari sanggar Bambu Runcing. Acara juga mencakup pemasangan kalung jabatan guru besar kepada empat profesor.

Pengukuhan guru besar ini merupakan tonggak bersejarah bagi IAIN Curup, yang terus berkembang sebagai pusat pendidikan Islam yang berprestasi di Indonesia. Selamat kepada keempat guru besar yang telah dikukuhkan, semoga ilmu dan pengabdian mereka terus memberi kontribusi besar bagi dunia pendidikan.