Sejarah Singkat Institut Agama Islam Negeri Curup

Kelahiran IAIN Curup memiliki latar belakang sejarah yang cukup panjang. Pada awalnya ia hanyalah sebuah Fakultas Ushuluddin yang berstatus  sebagai fakultas jauh dari IAIN Raden Fatah Palembang. Dengan kata lain, cikal bakal IAIN Curup ketika itu adalah Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang berada di Curup.

Gagasan pendiri Fakultas Ushuluddin ini diawali dengan Pembentukan Panitia Persiapan Pendirian Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Cabang Curup tanggal 21 Oktober 1962. Susunan Kepanitiaan tersebut terdiri dari Pelindung, Penasehat, Ketua I, Ketua II, Sekretaris I, Sekretaris II, Bendahara, Pembantu  dan Seksi-Seksi. Pendiri Fakultas ini antara lain mendapat dukungan Prof. DR. Mr. Hazairin, HM. Husein, Gubernur Sumatera Selatan, Prof. Ibrahim Husein dan lain sebagainya.

Tak lama setelah Panitia  Persiapan Pendirian Fakultas Ushuluddin Raden Fatah Cabang Curup dibentuk, didirikan pula Yayasan Taqwa Palembang Cabang Curup. Gagasan Pendirian  Fakultas Ushuluddin ini memperoleh sambutan hangat dan semangat dari seluruh lapisan masyarakat Curup. Dengan mendapat dukungan yang banyak dari berbagai pihak, pada Tahun  1963 Yayasan Taqwa Palembang Cabang Curup mendirikan Fakultas Syari’ah dengan status swasta. Fakultas Syari’ah yang lahir ini dipimpin oleh Drs. A. Zaidan Djauhari sebagai Dekan dan Drs. Djam’an Nur sebagai Wakil Dekan.

Hampir bersamaan dengan perubahan status IAIN Raden Fatah Palembang yang semula sebagai cabang IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi IAIN yang berdiri sendiri, Fakultas Syari’ah IAIN Raden Fatah Curup juga diganti menjadi Fakultas Ushuluddin. Dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 1964, Tahun 1964 Fakultas Ushuluddin yang semula berstatus swasta berubah menjadi negeri. Unsur pimpinan saat itu adalah KH. Amin Addary sebagai Dekan, Drs. Djam’an Nur sebagai Wakil Dekan I dan III, M.Yusuf Rachim, SH. Sebagai Wakil Dekan II dan IV. Surat Keputusan Perubahan status dari swasta menjadi negeri di atas disusul dengan penerbitan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor : 87 Tahun 1964 yang menyatakan bahwa Fakutas Ushuluddin Raden Fatah Curup merupakan bagian tidak terpisahkan dari IAIN (Al-Jami’ah Islamiyyah Al-Hukumiyyah) Raden Fatah yang berkedudukan di Palembang Ibu Kota Propinsi Sumatera Selatan.

Eksistensi Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Curup memberikan kontribusi penting bagi perkembangan peradaban Islam di Kabupaten Rejang Lebong, terutama bidang keagamaan. Fakultas Ushuluddin ini juga memperoleh apresiasi dan dukungan yang menggembirakan dari pemerintah daerah Rejang lebong. Salah satu bukti konkret dari perhatian pemda terhadap fakultas ini adalah bantuan yang diberikan oleh Bupati Rejang Lebong Syarifuddin Abdullah pada tahun 1964, yaitu berupa mobil Jeep Land Rover, uang  rutin setiap bulan Rp. 10.000,- bensin premium 15 liter setiap hari, mesin ketik dan seperangkat kursi dan meja untuk ruangan tamu dan pimpinan.

Nampaknya bantuan bagi Fakultas Ushuluddin tidak hanya diperoleh semasa Bupati Syarifuddin Abdullah. Tahun 1967 ketika Drs. Mahally menjabat sebagai Bupati Kabupaten Rejang Lebong, disamping subsidi rutin berupa uang dan bensin masih terus berjalan, sebidang tanah dengan seluas hampir dua hektar di Dusun Curup juga dihibahkan untuk pembangunan gedung guru yang lebih pandai.

Dalam perjalanan sejarahnya, lokasi perkuliahan Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Curup pernah berpindah-pindah beberapa kali. Dari Tahun 1963 hungga 1964 ditempati gedung sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Curup yang berlokasi di Talang Rimbo Curup. Tahun 1965 hingga 1968 digunakan gedung  yang saat ini menjadi lokasi Rumah Sakit Umum Daerah Curup di Jalan Dwi Tunggal. Dari Tahun 1969 hinnga Tahun 1981 pernah digunakan Gedung Yayasan Rejang Setia bekas Sekolah Belanda (HIS) di Jalan Setia Negara. Kemudian Baru tahun 1982 Fakultas Ushuluddin bisa bernafas lega karena sudah menempati bangunan sendiri berkat bantuan dari pemerintah yang berlokasi di Jl. Dr. Ak. Gani Curup hinnga saat ini.

IAIN Curup adalah Perguruan Tinggi Negeri Islam favorit yang berada di Provinsi Bengkulu Kabupaten Rejang Lebong. Perguruan Tinggi yang mulanya hanya sebuah Fakultas dari IAIN raden Fatah Palembang. Kini bukan hanya sekedar menjadi Perguruan Tinggi Islam tetapi mempunyai Kredibilitas baik dari Tahun ke Tahun.

IAIN Curup menjadi salah satu kampus Islam Negeri di Bengkulu sekaligus penyanggah dari Provinsi lain yakni Kota Lubuk Linggau Palembang Provinsi Sumatera Selatan, dan Provinsi Jambi.

VISI IAIN CURUP

MENJADI PERGURUAN TINGGI YANG BERMUTU DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN BERBASIS ISLAM MODERASI DI TINGKAT  ASIA TENGGARA TAHUN 2045

MISI IAIN CURUP

  1. MENGEMBANGKAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI YANG BERMUTU BERBASIS ISLAM MODERASI;
  2. MENINGKATKAN PUBLIKASI ILMIAH YANG BERMUTU BERBASIS ISLAM MODERASI ; DAN
  3. MELAKSANAKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG BERMUTU BERBASIS ISLAM MODERASI.

Tujuan

  1. Menghasilkan Lulusan yang memiliki keluhuran akhlaq kompepetitip dan profesional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan berbagai disiplin ilmu melalui penelitian yang kompetitif dan profesional.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan berbagai bidang disiplinilmu yang kompetitif dan profesional bagi masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengintregasikannilai-nilai islam dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menuju keluhuran akhlak, kompetitif dan profesional.
  5. Menghasilkan sumber daya yang kompetitif dan profesional untuk menghasilkan pelayanan prima kepada civitas akademika dan masyarakat.

Memiliki fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Selain bernuansa Islam IAIN Curup memiliki tiga fakultas diantaranya:

  1. Fakultas Ussuludin Adab dan Dakwah (FUAD)

Sejara singkat

2, Fakultas syariah

Secara historis, keberadaaan dan perkembangan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (F.SEI), merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan dan perkembangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) curup. Itu karena Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam merupakan satu dari tiga Fakultas yang ada di IAIN Curup.

Sebagai sebuah perguran tinggi (PT), IAIN Curup yang ada sekarang ini, sebelumnya merupakan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup yang kemudian beralih status menjadi Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) curup berdasarkan Peraturan Presiden RI nomor 24 tahun 2018 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo tanggal 5 April 2018.

Ketika masih berstatus Sekolah Tinggi, STAIN Curup memilki tiga jurusan, yaitu jurusan Tarbiyah, jurusan Syariah dan jurusan Dakwah. Seiring dengan peralihan status STAIN Curup menjadi IAIN Curup, maka ketiga jurusan tersebut juga mengalami transfomasi, yakni Jurusan Tarbiyah menjadi Fakultas Tarbiyah, Jurusan Syariah menjadi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, dan Jurusan Dakwah menjadi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketiga fakultas yang ada sekarang di IAIN Curup ini merupakan “metamorphosis” dari tiga jurusan yang ada sebelumnya.

Sungguhpun alih status STAIN Curup menjadi IAIN Curup terhitung dimulai sejak terbitnya Peraturan Presiden nomor 24 tahun 2018, tidak berarti  Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam mulai eksis melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Sebagai sebuah organisasi,  Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, mulai menjalankan tugas pokok dan fungsinya setelah terbitnya terbitnya Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja (ORTAKER) IAIN Curup dan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019  tentang STATUTA IAIN Curup. Setelah terbitnya dua Peraturan Menteri Agama ini, Rektor IAIN Curup atas nama menteri Agama Nomor 0050/In.34/2/KP.07/01/ 2019 tanggal 18 Januari 2019 mengangkat dan melantik Dekan dan dua Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Demikian pula sebelum terbitnya Peraturan Presiden nomor 24 tahun 2018 tentang IAIN Curup, keberadaan Jurusan Syariah STAIN Curup saat itu telah memiliki empat program studi, yakni Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI)/Ahwal Syakhsyiyyah, Program Studi Perbankan Syariah (PS), Program Studi Ekonomi Syariah (ES) dan Program Studi Hukum Tata Negara (HTN)/Siyasah Syar’iyyah.

Secara yuridis, pembukaan program studi HKI dan PS berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I./306/2008 Tentang Izin Pembukaan Program Studi (S1) Pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Tahun 2008 tanggal 4 September 2008.  Dalam perjalanan selanjutnya, yakni delapan tahun kemudian tepatnya tahun 2016, Jurusan Syariah membuka  dua program studi baru, yakni Program Studi Ekonnomi Syariah (ES) dan Program Studi Hukum Tata Negara (HKTN). Pembukaan studi ini tentunya sudah melalui kajian mendalam atas tuntutan masyarakat dan dunia kerja. Secara hukum, izin pembukaan program studi baru ini ( ES dan HTN ) berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 33514 Tahun 2016 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pada Program Sarjana Sekolah Tinggi Islam Negeri Curup tanggal 21 Oktober 2016.Bersarkan izin inilah, di tahun ajaran akdemik 2017/2018 program studi Ekonomi Syariah mulai menerima mahasiswa baru.

Akhirnya dengan penuh harapan dan semangat, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Curup, terus berusaha melakukan pembenahan meningkatkan mutu fakultas, program studi, leadership dan manajemen, layanan administrasi, dosen, mahasiswa dan sumber daya lainnya. Semua itu, tentunya dilakukan dalam rangkaian pencapaian visi yaitu  menjadi Fakultas Yang Bermutu Dalam Pengembangan Ilmu  Hukum   dan   Ekonomi Berbasis Islam Moderasi di Tingkat Asia Tenggara.

  1. sejarah Fakultas Tarbiyah IAIN Curup

Data Akademik IAIN Curup

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Yang Berdiri Sejak Tahun 1963 Saat Ini Memiliki 3 (Tiga) Fakultas, Yaitu Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah, Fakultas Tarbiyah Dan Fakultas Syariah, Serta Program Pascasarjana.

Dalam Rangka Memenuhi Tuntutan Dan Kebutuhan Masyarakat Akan Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, Maka Pengembangan Program Studi STAIN Curup Pada Tahun 2017 Telah Mempunyai 3 (Tiga) Fakultas Dengan 16 Program Studi Serta 3 (Tiga) Program Pascasarjana, Sebagai Berikut :

  1. Fakultas Tarbiyah (S1)

Fakultas Tarbiyah Menyelenggarakan Sembilan Program Studi Yaitu :

  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Akreditasi A
  2. Program Studi Tadris Bahasa Inggris Dengan Akreditasi A
  3. Program Studi Tadris Bahasa Arab Dengan Akreditasi B
  4. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Dengan Akreditasi B
  5. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Dengan Akreditasi B
  6. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Dengan Akreditasi B
  7. Program Studi Tadris Matematika Dengan Akreditasi C
  8. Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Dengan Akreditasi C
  9. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dengan Akreditasi B
  10. Fakultas Dan Ekonomi Islam (S1)

Fakultas Syariah Terdiri Dari Empat Program Studi Yaitu :

  1. Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) Dengan Akreditasi B
  2. Program Studi Perbankan Syariah Dengan Akreditasi B
  3. Program Studi Ekonomi Syariah Dengan Akreditasi C
  4. Program Studi Hukum Tata Negara Islam (Siyassah Syar’iyyah) Dengan Akreditasi C
  5. Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Dan Komunikasi (S1)

Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Terdiri Dari Tiga Program Studi Yakni :

  1. Program Studi Komunika Dan Penyiaran Islam Dengan Akreditasi B
  2. Program Studi Ilmu Alqur’an Tafsir Dengan Akreditasi C
  3. Program Studi Penyuluh Islam Dengan Akreditasi C
  4. Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam Akreditasi C
  5. Program Pascasarjana (S2)
  6. Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Akreditasi B
  7. Program Pascasarjana Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) Akreditas B
  8. Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam (Berbasis Teknologi Pendidikan)

Prestasi akademik IAIN Curup

KEGIATAN PERLOMBAAN MUSIKALISASI PUISI BAHASA ARAB DI UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR PADANG TH 2023

(TINGKAT INTERNATIONAL)

  1. JUARA 1 MUSIKALISASI PUISI BAHASA ARAB
  2. JUARA 2 GINA ARROBI
  3. JUARA 2 TAQDIMUL QISA

KEGIATAN MUKTAMAR ITLA YOGYAKARTA  TH 2023

(TINGKAT NASIONAL)

JUARA 1 TAQDIMUL QISA

  1. PERAIH FULLY FUNDED INTERNATIONAL YOUTH CONFERENCE EXPEDITION CHAPTER 3 NEGARA, MALAYSIA, SINGAPURA DAN THAILAND TH 2023
  2. SEBAGAI WAKIL 1 PUTRA KAMPUS PROVINSI BENGKULU TH 2023
  3. SEBAGAI DUTA INSPIRASI INDONESIA TAHUN 2023 KE MALAYSIA
  4. TOP 5 NASIONAL APRESIASI PIK-M PERCONTOHAN SEGMENTASI BERKOLABORASI TAHUN 2023
  5. TOP 1 PROVINSI APRESIASI PIK-M PERCONTOHAN SEGMENTASI BERKOLABORASI TAHUN 2023
  6. SEBAGAI RESEARCH PAPER PRESENTER INTERNATIONAL SCHOOL CONFERENCE BY LEAD PHILIPPINES-AUSTRALIA AND METRO MANILA COLLEGE
  7. JUARA 2 PRESENTER BERITA PUTRA KEGIATAN PEKAN ILMIAH NASIONAL III IAIN BONE TH 2023
  8. PESERTA TERBAIK LOMBA NULIS CERPEN, PANTUN PUISI DAN QUOTES TINGKAT NASIONAL YANG DISELENGGARAKAN OLEH LITERASI KITA INDONESIA TH 2023
    1. JUARA HARAPAN 2 NASIONAL LOMBA OLIMPIADE EKONOMI ISLAM DI UIN RADEN FATAH PALEMBANG
    2. JUARA 1 (PERAIH EMAS) TAEKWONDO PUTRI KEGIATAN PEKAN KREASI MAHASISWA (PKM) SE-SUMATRA DI UIN SUTHA JAMBI TH 2023
    3. JUARA 1 POOMSAE INDIVIDUAL PUTRI TAEGEUK 5 KEJUARAAN EVEREST TAEKWONDO CHAMPIONSIP 2 PIALA KEMENPORA TH 2023 DI JAKARTA
    4. JUARA 3 POOMSAE PRESTASI INDIVIDUAL SENIOR PUTRI KEJUARAAN EVEREST TAEKWONDO CHAMPIONSIP 2 PIALA KEMENPORA TH 2023 DI JAKARTA
    5. JUARA 3 (PERAIH PERAK) TAEKWONDO PUTRA KEGIATAN PEKAN KREASI MAHASISWA (PKM) SE-SUMATRA DI UIN SUTHA JAMBI 2023
    6. JUARA 2 SILAT PUTRI KEGIATAN REKTOR CUP UNIB TH 2023
    7. JUARA 3 TAEKWONDO KEGIATAN REKTOR CUP UNIB TH 2023
    8. JUARA 2 FUTSAL KEGIATAN REKTOR CUP UNIB TH 2023
    9. JUARA 3 KELAS E PUTRI (DEWASA) KEJUARAAN SILAT POLTEKES BENGKULU TH 2023
    10. JUARA 3 KELAS A PUTRI (REMAJA) KEJUARAAN SILAT POLTEKES BENGKULU 2023
    11. JUARA 2 KELAS C PUTRA (DEWASA) KEJUARAAN SILAT POLTEKES BENGKULU 2023
    12. JUARA 3 SILAT KELAS B PUTRA KEGIATAN POMROV BENGKULU TH 2023
    13. JUARA 2 SILAT KELAS A PUTRI POMROV BENGKULU 2023
    14. JUARA 3 SILAT KELAS C PUTRI POMROV BENGKULU 2023
    15. JUARA 3 TENIS LAPANGAN KEGIATAN POMROV BENGKULU 2023
    16. FINALIS AJANG PUTRA PUTRI KEBUDAYAAN PROVINSI BENGKULU TH 2023
    17. JUARA 3 PANJAT TEBING HUT MAPALA AGRA BUANA STIA BENGKULU TH 2023
    18. PEMUDA BERPRESTASI PROVINSI SUMSEL 2023
    19. JUARA HARAPAN 2 TARI KEJEI DALAM ACARA HUT KOTA CURUP TH 2023
    20. JUARA 3 TARI KREASI DALAM ACARA HUT KOTA CURUP TH 2023
    21. JUARA 1 LOMBA GITAR TUNGGAL HUT CURUP 2023
    22. JUARA 2 LOMBA FESTIVAL DANGDUT HUT CURUP 2023
    23. JUARA 3 LOMBA LAGU DAERAH HUT CURUP 2023
    24. JUARA 3 PEMUDA PEMUDI PEGIAT ANTI NARKOBA (PUPAN) PROVINSI BENGKULU TH 2023