Menag launching Jalur SPAN-UM PTKIN 2024, Rektor IAIN Curup mengajak Lulusan SMA Sederajat Kuliah di IAIN Curup

Menag launching Jalur SPAN-UM PTKIN 2024, Rektor IAIN Curup mengajak Lulusan SMA Sederajat Kuliah di IAIN Curup

HMS IAIN Crp,-Kementerian Agama (Kemenag) Telah Merilis Penerimaan Mahasiswa  Baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2024 Se-Indonesia pada hari Jum’at 19 Januari 2024 Kemarin, pada tahun ini ada tiga jalur yang siap dibuka yakni seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Mandiri (UM), dan Jalur Mandiri.

Sesuai dengan Arahan Menteri Agama Yaqut Cholil qoumas Meminta Setiap PTKIN meningkatkan kualitas pelayanan sehingga masyarakat dan mahasiswa atau calon mahasiswa mendapatkan manfaat yang lebih.

“Saya minta PTKIN dapat meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat di nikmati manfaatnya oleh seluruh calon Mahasiswa dan mahasiswa yang ada dilingkungan Kampus Masing-masing,”ungkapnya dikutip dari rilis yang diterima detikEdu, Sabtu (20/1/24).

Selanjutnya Yaqut Cholil, guna mewujudkan cita-cita dari start to be smart tentu dengan menjadikan posisi PTKIN bernilai kualitas yang bermutu, memiliki distingsi dan ekselensi keilmuan sesuai kebutuhan zaman, serta benchmarking yang terstruktur.

“Semua insan kementerian agama terutama pengelola pendidikan harus menjadi teladan. Perguruan Tinggi Islam memiliki banyak keunggulan. Karena itu, keunggulan tersebut harus dikola sebagai sebuah daya tarik dengan menciptakan inovasi atau kreasi,” ungkap Yaqut Cholil.

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, PTKIN pada dasarnya sebagai perguruan tinggi yang meramu sistem pendidikan yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

Berkaitan dengan hal Ini Rektor IAIN Curup, Prof. Dr. Idi warsah, M.Pd.I mengajak kepada seluruh lulusan SMA, SMK, MAN dan MA , “Untuk Menjadi Cendikiawan berkompeten dan Profesional melalui kampus keagamaan negeri satu-satunya di kabupaten Rejang Lebong, yang didukung dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang profesional lulusan dalam dan luar negeri yang siap membantu mahasiswa baru mencapai impiannya,” Ungkap Prof Idi, Senin (22/1/2024).

Proses pendaftaran melalui jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Januari 2024 hingga 15 Februari 2024. Sementara pendaftaran UM-PTKIN akan dibuka dari tangga 6 Mei 2024 hingga 15 Juni 2024.

Informasi terkait PMB PTKIN Tahun 2024 bisa diakses secara jelas di laman resmi www.ptkin.ac.id
Learn more