Islamic Economic Fair 4 Sukses Digelar HMPS Ekonomi Syari’ah Membangun Bisnis Halal yang Inklusif: Integritas Sertifikasi Halal dan QRIS untuk UMKM

Islamic Economic Fair 4 Sukses Digelar HMPS Ekonomi Syari’ah Membangun Bisnis Halal yang Inklusif: Integritas Sertifikasi Halal dan QRIS untuk UMKM
HMS IAIN Crp,-Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Curup sukses menggelar Islamic Economic Fair 4 (IEF 4) selama tiga hari, 1-3 Oktober 2024, di Aula Rektorat IAIN Curup. Acara ini dihadiri oleh Ketua Prodi Ekonomi Syariah, dosen dan staf di lingkup Ekonomi Syariah, serta seluruh mahasiswa Ekonomi Syariah.
IEF 4 mengangkat tema “Membangun Bisnis Halal yang Inklusif: Integritas Sertifikasi Halal dan QRIS untuk UMKM”. Tujuannya untuk memberikan informasi dan mengembangkan produk kewirausahaan yang kreatif dan inovatif bagi mahasiswa dan peserta UMKM.
Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, para dosen Ekonomi Syariah, Organisasi Mahasiswa IAIN Curup, serta seluruh mahasiswa Ekonomi Syariah.
Rangkaian acara IEF 4 meliputi:
  1. Seminar Nasional
  2. Lomba Cipta Cerpen (LCC)
  3. Lomba Solo Song
  4. Lomba Business Model Canvas (BMC)
  5.  Lomba Research Paper (LKT)
  6.  Lomba Desain Grafi
  7. Bazar dari mahasiswa Ekonomi Syariah setiap kelas
    menariknyan acara IEF 4 pada tahun ini adalah:
    – Bazar mahasiswa dilengkapi dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk mempermudah transaksi.
    – Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang didapat selama perkuliahan.
    – Mahasiswa terlibat dalam pendampingan Pendampingan Proses Produk Halal (P3H) untuk memverifikasi dan mengesahkan kehalalan produk UMKM.
    Obit, Ketua Umum HMPS Ekonomi Syariah, menyatakan bahwa tema IEF 4 diharapkan dapat memberikan informasi dan mengembangkan produk kewirausahaan yang kreatif dan inovatif bagi mahasiswa dan peserta UMKM.
    “Harapannya, melalui IEF 4 ini,  semua peserta akan memperoleh pembelajaran dan pengalaman baru yang akan membentuk pola pikir mereka menuju masa depan yang lebih baik,” ujar Obit, Kamis (3/10/2024).
    Dengan demikian, IEF 4 menjadi wadah bagi mahasiswa dan pelaku UMKM untuk berkreativitas dan berinovasi dalam membangun bisnis halal yang inklusif. (ayms)