3 Mahasiswa PBA IAIN Curup Berhasil raih trofi di ajang Festival Arab Internasional II di UIN STS Provinsi Jambi

3 Mahasiswa PBA IAIN Curup Berhasil raih trofi di ajang Festival Arab Internasional II di UIN STS Provinsi Jambi

HMS IAIN Crp,-Dalam Ajang Festival Arab Internasional II yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Provinsi Jambi. Yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia bahkan luar negeri yang yang berlaga dalam berbagai kategori perlombaan. Pada Jum’at (27/9/2024).

Festival yang bertemakan “Optimalisasi Status Bahasa Arab di Kalangan Milenial melalui Restorasi Festival Bahasa Arab” ini bertujuan untuk memasyarakatkan bahasa dan budaya Arab di kalangan anak muda.

Dalam Festival yang diikuti secara daring online, Mahasiswa IAIN Curup berhasil meraih juara dalam berbagai perlombaan diantaranya Vira Herlina, mahasiswa semester 7 (tujuh) yang berhasil meraih juara kedua dalam lomba Qiraatus Syi’ir (Puisi Arab). Rifqah Nabila semester 7 (tujuh) juga berhasil meraih juara kedua dalam lomba Esai Ilmiah. Yuda Adi Setiawan semester 5 (lima) melengkapi kemenangan IAIN Curup dengan meraih juara ketiga dalam lomba Ghina Araby (Nyanyian Arab).

Penampilan Secara daring online Vira Herlina, Lomba Qiraatus Syi’ir (Puisi Arab)

Dalam  wawancara, Vira Herlina salah satu mahasiswa yang memenangkan lomba menyampaikan harapannya bahwa berpartisipasi dalam Festival Araby akan menghasilkan koneksi yang lebih luas.

 “Festival internasional ini telah menginspirasi saya untuk bersaing di panggung global, tidak hanya di Indonesia,”katanya.

Selanjutnya ia menyampaikan juga ini sebuah kesempatan untuk mengembangkan keterampilan bahasa Arab saya dan menunjukkan bakat saya.

”  Festival Araby menyediakan platform bagi para mahasiswa untuk menunjukkan keterampilan  dan berinteraksi dengan bahasa Arab”,ujar Vira.

Penampilan Yuda Adi Setiawan dalam lomba Ghina Araby (Nyanyian Arab)

Dalam wawancara terpisah, Dr. Noza Aflisia M.Pd.I selaku Ketua Program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menyampaikan rasa syukur dan bangga kepada ketiga mahasiswa PBA yang memenangkan lomba.

“Alhamdulillah. Dengan penuh kebanggaan dan rasa syukur, kami mengucapkan selamat kepada para mahasiswa PBA atas prestasi gemilang yang telah diraih pada Festival Araby  tingkat internasional dalam tiga cabang lomba, yaitu juara 2 Puisi Bahasa Arab, Juara 3 Ghina’ Araby, dan Juara 2 Karya Tulis Ilmiah Bahasa Arab. Kemenangan ini sebagai bukti nyata atas upaya, kerja keras, dan komitmen para mahasiswa serta dukungan penuh dari para dosen dan seluruh civitas akademika,’’tuturnya.

Kepala Prodi PBA juga menyampaikan harapannya kedepan dengan adanya prestasi ini kampus IAIN Curup dapat dikenal di kancah nasional dan internasional.

“Semoga Prestasi di kancah internasional ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi Prodi PBA, tetapi juga mengharumkan nama kampus kita di dunia pendidikan global. Dengan ini bisa menambah poin juga pada prodi PBA yang sedang menyiapkan akreditasi menuju Unggul. Semoga pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi, berkarya, dan mengembangkan kemampuan di bidang bahasa Arab, baik secara akademik maupun di bidang seni dan budaya. Kami berharap prestasi ini terus berlanjut, dan mahasiswa-mahasiswa Prodi PBA semakin termotivasi untuk berkontribusi dalam dunia akademik dan berbagai bidang lainnya di masa mendatang,”tutup Dr. Noza. (Ayms)