Unit Perpustakaan IAIN Curup Gelar Kegiatan User Education Tahun 2024

Unit Perpustakaan IAIN Curup Gelar Kegiatan User Education Tahun 2024

HMS IAIN Crp,-Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup telah mengadakan kegiatan User Education 2024, yang merupakan pendidikan pengguna perpustakaan. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari 17-20 September.

Kegiatan User Education ini diikuti oleh mahasiswa baru  S1 dan Pascasarjana  IAIN Curup tahun 2024 dengan antusias. Jadwal kegiatan telah ditentukan dengan baik untuk memastikan semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan kondusif.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 IAIN Curup Dr. Yusefri, M.Ag, serta pihak perpustakaan IAIN Curup , dan empat  narasumber yang berkompeten pada bidangnya Yang berasal dari Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Bengkulu diantaranya Universitas Bengkulu dan UIN Fatmawati Soekarno Putri serta narasumber dari IAIN Curup , Dr. Sutrisno, S.IPII.M,Pd.I. , Daryono, S.Sos., M.Ikom., Dr. Syahril, Sos., I.,M.Ag dan Nanik Rahmawati, S.Sos.,M.Hum. 

Dalam sambutan Wakil Rektor 1 menyampaikan harapannya agar kegiatan ini berjalan dengan lancar, sehingga mahasiswa tidak salah menggunakan fasilitas –fasilitas  saat mengunjungi perpustakaan, baik di IAIN Curup maupun di tempat lain.

Dalam wawancara pula, Ike Wince Kepala Perpustakaan yang diwakili Oleh Jurianto, S.Pd., M.Hum selaku koodinator lantai 3 layanan refrefnsi perpustakaan IAIN Curup sekaligus narasumber User Education menyampaikan bahwa perpustakaan tidak hanya mengoleksi buku-buku seperti yang dianggap orang selama ini, tapi ada juga fasilitas fasilitas yang harus diketahui oleh mahasiswa .

“ Dengan kemajuan teknologi, perpustakaan saat ini menggunakan sistem yang canggih dan memiliki koleksi yang beragam, mulai dari koleksi tercetak, E-Book, digital, serta koleksi di tempat lain yang dapat diakses,”katanya, Selasa (17/9/2024).

Jurianto juga berharap dengan diadakannya User Education, mahasiswa mampu menggunakan perpustakaan dengan sistem yang telah diterapkan dan mampu mencari referensi informasi di tempat lain. Selain itu, perpustakaan juga memperkenalkan Artificial Intelligence (AI) sebagai alat bantu yang positif dan bijak dalam penggunaannya.

Dengan demikian, kegiatan User Education tahun 2024 di IAIN Curup diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan sistem perpustakaan dan mencari informasi dengan efektif.