800 Mahasiswa/I IAIN Curup Ikuti Pelepasan dan penyerahan KKN Reguler di Kantor Pemda Kabupaten Rejang Lebong

800 Mahasiswa/I IAIN Curup Ikuti Pelepasan dan penyerahan KKN Reguler di Kantor Pemda Kabupaten Rejang Lebong

HMS IAIN Crp,- Sebanyak 800 mahasiswa dan mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup telah mengikuti acara pelepasan dan penyerahan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan ke-6 di Lapangan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong. Acara ini dipimpin oleh Bupati Rejang Lebong, Drs. Syamsul Effendi M.M, serta seluruh jajaran pemerintahan, Senin (15/7/2024).

Dalam acara tersebut, hadir pula Wakil Rektor III IAIN Curup, Dr. Nelson S.Ag. M.Pd, seluruh Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), seluruh Dosen Pembimbing Lapangan KKN Angkatan Ke-6, dan seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Kabupaten Rejang Lebong.

KKN ini akan berlangsung selama 40 hari, dimulai dari tanggal 15 Juli 2024 hingga 26 Agustus 2024.

Mengawali  sambutanya  Rektor IAIN Curup Prof. Dr. Idi Warsah M.Pd yang di wakili oleh Wakil Rektor III IAIN Curup Dr. Nelson, S.Ag. M.Pd Menyampaikan Mahasiswa yang melaksanakan KKN Tahun ini Harus membawa banyak perubahan di masyarakat Khusunya di bidang Kualitas Sumber Daya Manusia.

“Dalam KKN mahasiswa harus mempunyai inovasi baru, kegiatan yang bermanfaat, dan harus banyak belajar tentang adat dan budaya disetiap wilayah yang ditempati, dan mengamalkan Ilmu-ilmu yang telah didapat selama berkuliah,” Kata Warek III.

sambuta Wakil Rektor III IAIN Curup Dr. Nelson, S.Ag. M.Pd

Selanjutnya juga Dr.Nelson Mengatakan Untuk tetap menjaga Almamater nama baik kampus di Masyarakat, jangan ada yang bebuat hal yang tidak pantas.

Sanada dengan Hal Tersebut, Drs. Syamsul Effendi M.M Bupati Rejang Lebong dalam sambutanya sangat mengapresiasi dengan adanya KKN yang ada di Rejang Lebong.

“Semenjak Adanya Kampus IAIN Curup ini, Kualistas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada kabupaten Rejang Lebong Semakin Baik, baik itu dalam segi keagamaan mapun dalam bidang keilmuan, Apalagi dengan diterjukannya langsung mahasiswa ke Masyarakat di setiap desa yang ada di Rejang Lebong,” Kata Bupati Rejang lebong.

Bupati Rejang Lebong juga berpesan sebelum diterjukannya di masyarakat mahasiswa harusnya memiliki persiapan yang matang sehingga bisa memberikan manfaat yang maksimal.

“Kita harus siap mengabdikan diri kepada masyarakat dan harus mempersiapkan itu, nah dari KKN Ini kita bisa melihat sejauh mana kita mempersiapkan diri untuk mengabdikan diri kepada Masyarakat,” Ujar Drs, Syamsul.

Drs. Syamsul Effendi M.M Bupati Rejang Lebong

Bupati juga menambahkan ketika KKN harus membangun Komunikasi yang baik kepada masyarakat, Apalagi sebentar lagi akan di adakanya Pilkada mahasiswa juga harus bisa memberikan pemahaman terhadap politik.

Sementara Itu Kepala Pusat pengabdian Masyarakat IAIN Curup Cik Din mengatakan dalam wawancara.

“Ada Sebanyak 800 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Wilayah Rejang Lebong , dan akan terbagi menjadi 67 Lokasi dari 80 kelompok,” Pungkas Cik Din.

Lebih lanjut Cik Din juga menjelaskan bahwa ada bahwa ada 7 kecamatan yang akan dimasuki mahasiswa untuk melaksanakan KKN.

“Pada tahun ini ada 7 kecamatan yang akan di masukan mahasiswa KKN Antaranya, Curup Timur, Curup Utara. Curup Selatan, Curup Tengah, Bermani Ulu, Bermani ulu Raya, Seluput Rejang, “Jelasnya.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat juga berharap kepada mahasiswa KKN Angkatan Ke-6 ini agar bisa berkolaborasi dengan masyarakat.

“Harapanya, Pada Mahasiswa Yang  melaksanakan KKN dapat berkolaborasi dengan masyarakat, bisa mengabdikan diri dengan ilmu yang telah didapat selama berkuliah, disamping itu juga mahasiswa juga dapat memberikan pengertian bahwa IAIN Curup itu, salah satu perguruan tinggi yang masih dibutuhkan, dan mengajak untuk berkuliah di IAIN Curup,” Kata Cikdin dalam wawancara.

Cikdin juga menyampaikan dalam wawancara kepada Dosen Lapangan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat dan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi.

“Tugas Dosen Lapangan itu untuk memfasilitasi Mahasiswa untukpendekatan kepada masyarakat,kemudian memecahkan masalah-masalah baik itu dari program kerja, kemudia hal-hal yang menjadi problem mahasiswa di masyarakat, mereka harus bisa memberikan solusi dan terpecahkan dan bisa berkoordinasi kepada panitia atau pihak kampus,” Pesan Cikdin.

Acara pelepasan dan serah terima KKN ditandai dengan pengalungan nama peserta, tanda tangan serah terima antara Wakil Rektor III dan Bupati Rejang Lebong, pertukaran cinderamata, serta foto bersama yang di ikti seluruh peserta KKN reguler IAIN Curup Tahun 2024.

Semoga KKN IAIN Curup ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan mahasiswa.