Dosen IAIN Curup Mengikuti Kegiatan Training of Trainer Moderasi Beragama

Dosen IAIN Curup Mengikuti Kegiatan Training of Trainer Moderasi Beragama

HMS IAIN Crp,-Kementerian Agama RI bekerja sama dengan LPDP melaksanakan kegiatan Training of Trainer penguatan moderasi beragama di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 27 November sampai dengan tanggal 3 Desember 2023 yang bertempat di Royal Palm Hotel Jakarta Barat.

Terdapat 30 peserta yang mengikuti kegiatan training of trainer penguatan moderasi beragama dari berbagai perguruan tinggi Keagamaan yang ada di Indonesia. Dari IAIN Curup dosen yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu Dr. Irwan Fathurrochman, Dr. Sumarto, Dr. Mirzon Daheri dan Savri Yansah, M.A (Kepala Pusat Moderasi Beragama).

Proses kegiatan training of trainer tentu kegiatan yang sangat penting karena penguatan moderasi beragama salah satu program penting di Kementerian Agama RI ada beberapa materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut diantaranya indikator moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan Anti Kekerasan toleransi dan ramah terhadap budaya lokal.

Narasumber yang menyampaikan materi dalam kegiatan training of trainer diantaranya Ibu Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid adalah seorang psikolog, putri sulung dari Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid. Kemudian Prof. Dr. M. Darwis Hude, M.Si. Direktur Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta. Fasilitator Kegiatan dari Pusdiklat dan Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI.

Harapannya dalam pelaksanaan kegiatan Training of Trainer yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI bisa melahirkan Trainer penguatan moderasi beragama di setiap daerah yang mampu menyampaikan cara pandang, cara sikap dan perilaku yang moderat dalam Beragama.