Mahasiswa IAT IAIN Curup Sukses Gelar Dauroh Nasional Bersanad Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an

Mahasiswa IAT IAIN Curup Sukses Gelar Dauroh Nasional Bersanad Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an

HMS IAIN Crp,-Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) IAIN Curup sukses menggelar kegiatan Dauroh Nasional Bersanad Talaqi Surah Al-Fatihah pada Minggu, (10/03/2024). Bertempat di Aula Rektorat Lantai 1 IAIN Curup, kegiatan ini mengundang pemateri Syekh Mahmud Al Banna Al Mishri. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengupas tuntas kesalahan membaca Al-Fatihah dengan talaqih bersama ahlinya, bersanad sampai Rasulullah SAW.

Dauroh Bersanad ini merupakan bentuk kerja sama antara Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Rejang Lebong dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Curup.

Adapaun peserta dari kegiatan tersebut terdiri dari mahasiswa berbagai program studi di lingkungan IAIN Curup, Dosen, Guru agama dan masyarakat sekitar. Serta Ketua IKADI Rejang Lebong.

Ustadz Erwanto, M. Pd, CMT selaku Ketua Ikatan Da’I Indonesia Kabupaten Rejang Lebing menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini ialah menambah kecintaan generasi muda kepada Al-Qur’an, meningkatkan semangat belajar Al-Qur’an, dan tentunya agar meningkatkan kualitas dan memperbaiki bacaan Al-Qur’an.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum HMPS IAT IAN Curup, M. Thoriq Abror yang mengungkapkan bahwa kegiatan Dauroh ini menjadi momentum para mahasiswa untuk mengembangkan minatnya dalam lingkup Al-Qur’an dan penafsirannya.

“Salah satu keberanian mahasiswa pada hari ini adalah tentang keberanian untuk how to making decision atau membuat keputusan,  di hari ahad yang libur ini mungkin teman-teman datang dan duduk bergabng bersama kami untuk mengikuti kegiatan dauroh nasional ini yang insyaallah akan diiringi dengan nilai-nilai kebermanfaatan.” Kata Thoriq.

Salah satu kutipan nasihat dari Syeikh Mahmud Al Banna Al Mishri dalam momen tersebut berbunyi “Jangan jadikan cita-citamu adalah seorang laki-laki, tapi jadikanlah masa depanmu cita-cita setiap laki-laki dan sebaliknya jangan jadikan cita-citamu seorang perempuan dan jadikanlah masa depanmu cita-cita setiap perempuan”

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan ilmu dan pemahaman terkait Al-Qur’an khususnya surah Al-Fatihah yang akan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.