Prodi HKI Gelar Kalibrasi Jam di masjid Wilayah Curup Kabupaten Rejang Lebong

Prodi HKI Gelar Kalibrasi Jam di masjid Wilayah Curup Kabupaten Rejang Lebong

HMS IAIN Crp,-Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) IAIN Curup melakukan kegiatan kalibrasi jam dimasjid-masjid yang berada di wilayah Curup kabupaten Rejang Lebong kegiatan berlangsung selama 12 Hari dimulai pada tanggal 27 Februari- 9 Maret 2024.

Kalibrasi merupakan proses Verifikasi bahwa suatu alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasanya dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan acuan tersertifikasi seperti contoh menyamakan waktu disuatu tempat dengan berpedoman BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Atau waktu nasional .

Kegiatan Kalibrasi ini diikuti 30 Orang mahasiswa dan mahasiswi Semester 6 prodi HKI acara yang dibuka di lapangan laboratorium Syari’ah, dengan dosen Pengampuh Ridho Kimura Soderi, M. H. Kalibrasi sangat penting dilakukan dalam peribatan dan harus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan secara Nasional.

Selain menyamakan waktu jam pada masjid-masjid, Mahasiswa HKI juga melakukan pembagian Baterai jam secara gratis kemasjid-masjid, karena tim sudah menyiapkan 195 buah baterai yang ditargetkan setiap masjid mendapatkan satu buah baterai jam dengan tujuan untuk menjamin jam akurat selama bulan suci ramadhan. Selain itu juga tim juga membagikan jadwal Imsakiyah untuk di wilayah sekitar curup Kabupaten Rejang Lebong dengan acuan yang dipakai adalah jam BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).

Dalam wawancara Ridho Kimura Soderi , M.H selaku dosen pengampuh mengatakan bahwasanya dilakukan kalibrasi jam ini agar tidak ada perbedaan waktu azan di wilayah Curup Kabupaten Rejang Lebong.

“Pada dasarnya kami melakukan kalibrasi jam yang ada dimasjid-masjid di wilayah Curup Kabupaten Rejang Lebong  ini agar tidak ada perbedaan dalam mengumandangkan azan, karena faktor baterai jam, terbukti dilapangan kemarin ada beberapa masjid yang terlambat 2,3 menit bahkan ada yang 7 menit,”kata Ridho, Rabu (28/2/1996).

Ridho juga menjelaskan bahwa kegiatan seperti sudah berlangsung lama “kegiatan ini sebenarnya sudah berlangsung lama dari tahun 2021 hingga 2022 namun hanya skala kecil, nah pada tahun 2024 ini kami mencoba jangkaun yang lebih luas lagi sekabupaten Rejang Lebong, dan juga kami juga bukan melaksanakan Kalibrasi jam di Masjid-masjid tetapi juga ditempat lainnya seperti Rumah Makan  dan tempat umum lainnya,”Jelas Ridho.

Lebih lanjut Ridho juga menyampaikan harapannya Terkhusus kepada mahasiswa dan mahasiswi IAIN  Curup Agar terus mengaplikasikan Ilmu Falaq yang salah satunya mengajarkan ilmu Astronomi.

“Harapanya kedepan mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup terkhusus Prodi HKI Mata Pelajaran Ilmu Falaq dapat mengaplikasikan ilmu yang dapat dikuliah, dan juga ini mengajarkan para mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup untuk pengabdian Masyarakat,”tutup Ridho dalam Wawacancara.