Disdukcapil Rejang Lebong Gelar Aktivasi IKD di IAIN Curup, Permudah Akses Layanan Publik Berbasis Online

Disdukcapil Rejang Lebong Gelar Aktivasi IKD di IAIN Curup, Permudah Akses Layanan Publik Berbasis Online
HMS IAIN Crp,-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong menggelar program aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari, mulai 7 hingga 11 Oktober 2024, ini disambut antusias oleh civitas akademika IAIN Curup.
“Kami sangat menyambut baik program aktivasi IKD ini. Ke depannya, IKD akan sangat berguna, terutama saat mengurus data untuk pendidikan/beasiswa, data di rumah sakit, BPJS, bepergian dan tempat publik lainnya,” ujar Dr. Zahdi Taher, M.H.I., Kepala Biro AUAK IAIN Curup.
Hal ini senada dengan, salah satu petugas Disdukcapil, aktivasi IKD penting untuk mempermudah akses data kependudukan dan layanan publik bagi seluruh masyarakat. “Sosialisasi ini bertujuan menegaskan bahwa IKD sudah seharusnya diimplementasikan di seluruh instansi,” jelas Irma, petugas dukcapil.
Proses aktivasi IKD sendiri dilakukan melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini terverifikasi aman dan telah diluncurkan sejak tahun 2020.
Berikut jadwal pelaksanaan aktivasi IKD di IAIN Curup berlokasi di Aula Rektorat lantai 1:
– Senin: Rektorat
– Selasa: Fakultas Tarbiyah
– Rabu: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah & Pascasarjana
– Kamis: Fakultas Syariah dan Ekonomi Syariah
– Jumat: SPI, LPM, LPPM, UPT TIPD, UPT Mahad, UPT Perpustakaan, dan UPT Bahasa
Disdukcapil Rejang Lebong berharap program aktivasi IKD ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya data kependudukan digital dan mempermudah akses layanan publik seperti layanan Pendidikan/beasiswa, BPJS, data perbankan, data dirumah sakit dan keperluan penting di masa yang akan datang.