Prodi IPII IAIN Curup Sukses Gelar Seminar Karya Tulis Ilmiah: Bangun Integritas Akademik, Hindari Plagiarisme

Prodi IPII IAIN Curup Sukses Gelar Seminar Karya Tulis Ilmiah: Bangun Integritas Akademik, Hindari Plagiarisme
HMS IAIN Crp,-Program studi Ilmu Perpustakan dan Informasi Islam (IPII) IAIN Curup sukses menggelar Seminar Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Etika Penulisan Karya Ilmiah: Menghindari Plagiarisme”. Acara yang berlangsung di Aula Perpustakaan Harun Ar Rasyid ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Ketua Prodi se-lingkup Fuad, dosen Prodi IPII, serta mahasiswa dari berbagai Prodi dan Fakultas di lingkungan IAIN Curup, pada Sabtu, (5/10/2024)

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya integritas akademis, khususnya dalam penulisan karya ilmiah. Lusi Puspasari MA, seorang ahli di bidang penulisan karya ilmiah, menjadi narasumber dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya integritas dalam penulisan karya ilmiah dan bagaimana menerapkannya dalam praktik.

“Memahami plagiarisme sangat penting karena berkaitan langsung dengan integritas akademis dan profesional,” ujar Lusi selaku Narasumber.

“Plagiarisme merusak kejujuran dan kredibilitas, yang dapat berdampak negatif pada reputasi seseorang. Menghindari plagiarisme mendorong individu untuk berpikir orisinal dan mengembangkan ide-ide baru, sehingga meningkatkan kreativitas,”Tambah Narasumber.

Selain itu, Ibu Lusi juga menekankan konsekuensi hukum yang serius, termasuk denda dan tuntutan, yang dapat muncul akibat pelanggaran hak cipta. “Dengan memahami plagiarisme, kita tidak hanya menghormati karya orang lain, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang lebih baik,” jelasnya.

Seminar ini berlangsung dengan suasana penuh semangat dan keterlibatan. Para peserta aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan diskusi.

Dalam wawancara terpisah, Ketua panitia, Andre Fadilah dari Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, memimpin jalannya acara dengan baik.

“Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya integritas akademis dan mendorong mereka untuk selalu menjunjung tinggi etika dalam penulisan karya ilmiah, Dengan memahami plagiarisme dan cara menghindarinya, mahasiswa dapat membangun fondasi yang kuat untuk pengembangan karir akademis dan profesional mereka di masa depan.”ujarnya.

Seminar ini menjadi langkah positif dalam membangun budaya akademik yang berintegritas di lingkungan IAIN Curup. Diharapkan, seminar ini dapat menginspirasi mahasiswa untuk selalu menjunjung tinggi etika dalam penulisan karya ilmiah dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang jujur.