Rektor IAIN Curup Resmi Membuka BAES PGMI 2024

Rektor IAIN Curup Resmi Membuka BAES PGMI 2024
HMS IAIN Crp,-Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Kembali menggelar kegiatan rutin tahunan Beri Aksi Edukasi dan Seni (BAES) yang berlangsung selama lima hari 23-27 September 2024.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Curup, Prof.Dr.Idi Warsah, M.Pd. I, dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. H. Sutarto, S.Ag., M.Pd, Ketua Prodi PGMI, Agus Ryan Oktori, M.Pd.I, dosen PGMI IAIN Curup, Ormawa IAIN Curup, alumni PGMI, siswa-siswi MIN 01 Rejang Lebong beserta para pendamping.
BAES 2024 mengusung tema “GEMARAYA (Gemilang Berbahasa Terampil Berbudaya)” dengan tujuan mengenalkan budaya lokal Rejang, menambah rasa kecintaan terhadap kebudayaan, meningkatkan daya tarik Prodi PGMI, melestarikan bahasa dan budaya, membangun kreativitas, menambah pengetahuan dan pengalaman, serta mengedukasikan pentingnya budaya lokal .
Acara pembukaan dimeriahkan oleh penampilan Drumband siswa MIN 01 Rejang Lebong, Tari Kejei, dan pertunjukan silat Tapak Suci. BAES 2024 juga diisi dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh peserta dari TK, SD/MI/MIN, SMP, dan SMA se-Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang.
Dalam sambutannya, Rektor IAIN Curup, Prof. Idi Warsah, M.Pd. Saya menyampaikan penghargaan kepada mahasiswa, dosen, dan pihak Prodi yang tetap mempertahankan BAES hingga penyelenggaraan ketiga.
“BAES ini salah satu acara yang menarik yang membawa nuansa budaya, sehingga kita dapat mempertahankan seni dan budaya yang ada,” ujarnya, Senin (23/09/2024).
Senada dengan hal tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. H. Sutarto, S.Ag., M.Pd dalam Perayaan, juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada civitas akademika Prodi PGMI yang semangat membuat kegiatan BAES. Ia berharap BAES Jilid selanjutnya dapat diperkenalkan dan dilombakan tidak hanya di tingkat Rejang Lebong, tetapi juga di tingkat nasional.
Ketua Prodi PGMI, Agus Ryan Oktori, M.Pd.I, dalam wawancaranya menyampaikan bahwa BAES merupakan wadah untuk mensosialisasikan Kampus IAIN Curup, khususnya Prodi PGMI.
“BAES salah satu wadah memperkenalkan Kampus IAIN Curup, khususnya Prodi PGMI, karena ini adalah kegiatan unggulan yang ada di Prodi untuk meningkatkan eksistensi kampus dengan memperkenalkan kearifan lokal daerah, khususnya Rejang, dan membantu menaikkan akreditasi Prodi yang akan diadakan pada tahun depan,” katanya. . .
Ia juga menyampaikan bahwa BAES 2025 dirancang tidak hanya di tingkat kabupaten, tetapi juga di tingkat nasional.
Dita selaku ketua panitia menyampaikan Harapan agar kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bagi para mahasiswa PGMI, dosen, dan para peserta yang terlibat, serta dapat menampilkan potensi yang dimiliki para siswa-siswi yang merupakan generasi penerus dengan segudang potensi dan bakat yang mereka punya. Pungkasnya.