Seleksi Beasiswa KIP-Kuliah IAIN Curup Memasuki Tahap Wawancara, Ini Pesan Rektor

Seleksi Beasiswa KIP-Kuliah IAIN Curup Memasuki Tahap Wawancara, Ini Pesan Rektor

HMS IAIN Crp,-Seleksi calon penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup telah memasuki tahap wawancara. Tahap ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 18 – 20 September 2024, dan diikuti oleh lebih dari 500 mahasiswa baru angkatan 2024.

Hadir pada pembukaan tersebut Rektor IAIN Curup, Wakil Rektor III, Kepala Biro AUAK, Kabag ULA, Panitia Penerimaan Beasiswa KIP-K, dan seluruh peserta calon penerima beasiswa KIP.

Tahap wawancara yang dilaksanakan di aula Rektorat lantai 1 pada Selasa (17/9/2024) merupakan tahap kedua verifikasi dan konfirmasi terhadap kebenaran berkas yang telah dikumpulkan. “Tahap kedua ini bertujuan untuk memastikan kebenaran berkas yang telah dikumpulkan,” Kata Prof. Idi, Rektor IAIN Curup.

Prof. Idi juga menjelaskan bahwa penerima Beasiswa KIP tidak hanya ditujukan bagi mereka yang kurang mampu, tetapi juga diharapkan dapat berkontribusi dalam prestasi di kampus IAIN Curup. “Beasiswa Kartu Indonesia Pintar ini, selain dari faktor ekonomi, juga diharapkan para mahasiswa yang memiliki prestasi dari SMA, baik kompetensi akademik maupun non akademik, dapat mempertahankan prestasinya di perkuliahan,” ungkapnya.

Rektor IAIN Curup juga berpesan kepada panitia untuk mempertimbangkan calon penerima KIP yang memiliki prestasi di tingkat Provinsi, khususnya di bidang atlet. “Dikroscek jangan tidak diambil misalnya, di non akademik Atlit itu menjadi pertimbangan peringkat 1 di provinsi, sehingga kita mengikuti event nasional tidak repot lagi merekrut bibit unggul, di kemudian hari untuk diberdayakan membawa IAIN Curup di kancah nasional,” tegasnya.
Rektor juga menambahkan bahwa salah satu persyaratan penerima Beasiswa KIP adalah adanya rapor untuk melihat kompetensi akademik. Prof. Idi juga berpesan kepada mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa untuk menggunakan uang tersebut dengan sebaik mungkin untuk kepentingan kuliah dan meningkatkan prestasi baik secara akademik maupun non akademik.

“Harapannya, untuk mahasiswa yang lolos dalam penerimaan Beasiswa KIP ini untuk menggunakan dengan sebaik-baiknya dalam menunjang perkuliahan, serta bisa meningkatkan prestasi, dan tidak melanggar apa yang telah ditentukan sehingga KIP nya tidak dicabut,” tegas Rektor.

Sebagai penutup, Rektor IAIN Curup juga mengatakan bahwa Beasiswa yang ada di IAIN Curup tidak hanya satu, dan mahasiswa dapat memilih sendiri. “Untuk mahasiswa yang tidak lolos dalam Beasiswa KIP, jangan khawatir karena Beasiswa yang ada di kampus IAIN Curup banyak seperti Beasiswa Baznas Rejang Lebong, Pemda Lebong, Pemprov Bengkulu, Beasiswa Bank Indonesia, Mosma Bidang Bahasa, dan lainnya,” tutup Prof. Idi dalam sambutannya.

Selain itu, Ketua panitia Penerimaan Beasiswa KIP, Dr. Sagiman, M.Kom juga menyampaikan jumlah penerima Beasiswa pada tahun 2024. “Pada tahun ini ada sebanyak 500 Lebih mahasiswa baru yang mendaftar Beasiswa KIP, dan kuota yang akan menerima Beasiswa pada tahun 2024 ini sebanyak 200 orang mahasiswa,” katanya dalam sambutan.