PBAK 2024 IAIN CURUP: Pembinaan Akhlakul Karimah Menuju Mahasiswa Unggul dan Moderat

PBAK 2024 IAIN CURUP: Pembinaan Akhlakul Karimah Menuju Mahasiswa Unggul dan Moderat

HMS IAIN Crp,-Dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di IAIN Curup, sebuah talk show bertajuk “Pembinaan Akhlakul Karimah Menuju Mahasiswa Unggul dan Moderat” berhasil menarik perhatian para peserta baru. Acara ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak mulia sebagai landasan penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang unggul dan moderat.

Kegiatan yang berlangsung di Aula  rektorat IAIN Curup tersebut diisi oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Dr. Jumirah Warliza Susi, M. Pd , seorang pakar Manajemen Pendidikan Islam dan Moderasi Beragama. Dalam paparannya, Dr. Jumirah menekankan pentingnya akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa. Ia menjelaskan bahwa akhlakul karimah tidak hanya menjadi indikator kesalehan individu, tetapi juga sebagai landasan untuk membangun komunitas akademik yang harmonis dan produktif.

“Gunakan cara beradab, moderasi beragama dan tanamkan dalam diri tentang perbedaan suku, agama dan ras,” ujar Dr. Jumirah, Sabtu (24/8/2024).

Talk show ini diharapkan dapat memberikan bekal awal bagi para mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan akademik mereka di IAIN Curup, dengan tetap berpegang pada nilai-nilai keislaman yang moderat dan berakhlakul karimah. Kegiatan ini sekaligus membuka rangkaian hari kedua PBAK yang penuh inspirasi dan motivasi.

Dengan adanya pembinaan semacam ini, IAIN Curup berkomitmen untuk terus mengawal perkembangan karakter dan intelektual mahasiswa agar siap menghadapi tantangan zaman, serta menjadi generasi yang unggul dan moderat.(ZNJP)