Tingkatkan Mutu Antar Perguruan Tinggi, IAIN Curup Lakukan Kunjungan Kerjasama ke UIN Saizu Purwokerto

Tingkatkan Mutu Antar Perguruan Tinggi, IAIN Curup Lakukan Kunjungan Kerjasama ke UIN Saizu Purwokerto

HMS IAIN Crp,-Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd, beserta rombongan Lembaga Penjamin Mutu (LPM), dan Staf LPM IAIN Curup melakukan kunjungan benchmarking ke Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto. Kunjungan tersebut disambut dengan hangat oleh Rektor UIN Saizu Purwokerto,  Prof. Dr. H. Ridwan M.Ag yang didampingin Wakil Rektor I dan II, Lembaga Penjamin Mutu, Direktur Internasional Office, serta Staf LPM UIN Saizu, di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat Lantai 2. Rabu (7/8/2024).

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meningkatkan mutu kerjasama antara kedua perguruan tinggi, yang meliputi berbagai bidang seperti pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kemahasiswaan. Rektor IAIN Curup menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang seimbang bagi kedua lembaga.


“Lembaga penjamin mutu sebagai motor penggerak peningkatan mutu di perguruan tinggi harus banyak belajar kepada PTKIN yang telah mapan dan unggul. Sehingga, kita dapat menemukan berbagai kiat yang perlu dilakukan untuk mencapai akreditasi unggul.” Kata Prof Idi.

Selain kunjungan , dilakukan penandatanganan kerja sama untuk meningkatkan mutu  perguruan tinggi. Adapun Bentuk kerjasama yang dijajaki antara kedua institusi meliputi pertukaran mahasiswa, program visiting lecturer, kolaborasi dalam penerbitan jurnal dosen dan mahasiswa, serta kerjasama dalam penelitian dan pengelolaan jurnal. Selain itu, kerjasama juga mencakup pelatihan pengelolaan jurnal, kegiatan pengabdian masyarakat berbasis keilmuan, lomba-lomba nasional, studi kegiatan mahasiswa, dan berbagai kegiatan lain yang saling bermanfaat bagi kedua kampus.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang positif dalam memperkuat hubungan antara IAIN Curup dan UIN Saizu, serta mendorong pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang berkelanjutan demi peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.