Mahasiswa KKN Tematik IAIN Curup 2024 Memukau Penonton dengan Tari Gending Sriwijaya di Acara Sedekah Bumi Desa Megang Sakti V

Mahasiswa KKN Tematik IAIN Curup 2024 Memukau Penonton dengan Tari Gending Sriwijaya di Acara Sedekah Bumi Desa Megang Sakti V

HMS IAIN Crp,-Desa Megang Sakti V diramaikan oleh acara Sedekah Bumi yang diadakan setiap tahun pada bulan Muharram atau Suro dalam tradisi Jawa. Acara dimulai dengan kendurenan, di mana doa bersama dipanjatkan untuk kelancaran acara dan keberkahan atas hasil bumi yang diberikan, Rabu (31/7/2024).

Acara kali ini menjadi istimewa dengan kehadiran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik IAIN Curup 2024, Kelompok 5, yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka memukau penonton dengan penampilan tari Gending Sriwijaya yang memukau. Tarian tersebut dipersembahkan oleh Dela, Ikke, Rofah, Novita, dan Dona. Selain itu, penonton juga disuguhi dengan tarian adat Jawa dan pertunjukan silat yang mengagumkan dari para pemuda.

Acara Sedekah Bumi juga dihadiri oleh anggota DPRD Musi Rawas, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Musi Rawas, Sekcam Megang Sakti, Kepala Desa se-Kecamatan Megang Sakti, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta masyarakat Desa Megang Sakti. Sambutan-sambutan hangat dari Ketua Panitia, Unsur Pemerintahan, dan Tokoh Masyarakat turut memeriahkan acara.

“Suatu kebangaan dari kami bisa mewakili  mahasiswa KKN IAIN Curup dalam meriahkan acara sedekah bumi di desa Megang Sakti  V yang mana momen tersebut sangat di tunggu-tunggu oleh Masyarakat setiap tahunya,” Kata Aprlia salah satu Mahasiswi yang mengikuti KKN Tematik di Musirawas.

Menjelang akhir acara, penonton disuguhkan dengan pertunjukan Wayang Kulit yang sarat makna dan kearifan lokal. Antusiasme dari semua pihak yang terlibat menjadikan acara Sedekah Bumi tahun ini sebagai momen berkesan yang memperkokoh silaturahmi dan semangat gotong royong dalam masyarakat Desa Megang Sakti V.

Semoga tradisi berharga ini terus dilestarikan dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Desa Megang Sakti V dan generasi mendatang.