Ma’had Al-Jam’iah IAIN Curup Sukses Gelar Takrimun Najah dan Pelepasan Alumni Angkatan Ke-7 Tahun Akademik 2023-2024

Ma’had Al-Jam’iah IAIN Curup Sukses Gelar Takrimun Najah dan Pelepasan Alumni Angkatan Ke-7 Tahun Akademik 2023-2024

HMS IAIN Crp,- Ma’had Al-Jam’iah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup sukses menggelar acara Takrimun Najah dan Pelepasan alumni Angkatan Ke-7 Tahun Akademik 2023-2024. Acara ini Dihadiri Oleh Rektor,  Wakil Rektor 1,2,3, Kabiro AUAK, dan Kepala Ma’had Al-Jam’iah dan seluruh Mahasantri, di Aula Rektorat Lantai 1. Senin, (24/6/2024).

Ada Sebanyak 122 orang diwisuda, terdiri dari 22 putra dan 90 putri. Dari jumlah tersebut, 70 orang berasal dari program Tarbiyah, 20 orang dari program Syari’ah, dan 13 orang dari program Fuad.

Acara dimulai dengan tarian kreasi dari Maha Santri Ma’had Al-Jamiah dan menyanyikan lagu mars Ma’had Al-Jamiah.

Mengawali kata sambutan, Rektor IAIN Curup yang Diwakili Wakil Rektor I Dr. Yusefri, M.Ag menyampaikan harapan agar kegiatan Takrimun Najah tetap mendapat ridho dari Allah SWT. Mereka juga mengajak para alumni untuk mempromosikan IAIN Curup kepada keluarga dan tetangga, terutama karena UKT (Uang Kuliah Tunggal) di IAIN Curup termasuk yang terendah diantara kampus perguruan tinggi di Indonesia

“Mudah-mudahan kegiatan takrimun Najah ini tetap mendapatkan ridho dari Allah swt, untuk itu pada kesempatan ini di harapkan alumni Ma’had, para Mahasantri Kirannya dapat menginformasikan dan mengajak Jiran tentangga dan sanak famili untuk berkuliah di IAIN Curup ini,”kata Dr. Yusefri.

Lebih lanjut Wakil Rektor I juga menjelaskan dengan UKT yang terjangkau di IAIN Curup dapat meringangkan para cendikia muda Menuntut Ilmu di perguruan tinggi Negeri.

“Apalagi UKT kita di IAIN Curup ini adalah UKT Paling rendah diantara perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia , bahkan ada program studi Tertentu ada yang UKT 400.000,-“ Jelas Warek I.

Sementara itu, Kepala Ma’had Al-Jamiah, M. Agusten, MH, menekankan pentingnya sinergi dalam membangun Ma’had Al-Jamiah. Dia juga menyampaikan kabar baik tentang seorang mahasiswa yang berhasil menyelesaikan 30 juz, yang berpotensi mendapatkan reward dari rektor seperti beasiswa S2 gratis.

“Kita ingin berbuat banyak membangun Ma’had Al-Jamiah ini,  Tentu dengan cara Bersinergi Membangun Ma’had Al-Jamiah ini tentu harus berseniegi dari semua bagian, maka unsur pimpinan semua kami harap saling bersinergi,”Ujar Kepala Ma’had Al-Jami’ah.

Ust. Agusten juga menambahkan “Pada hari ini ada Mahasantri IAIN Curup yang Hafidz 30 juz, tentu ini kabar baik untuk kita semua , tentu ini berpotensi bakal dapat reward dari rektor apakah dapat kuliah S2 gratis atau yang lain,”Tutur Ustad Agusten.

Terakhir Kepala Ma’had Al-Jami’ah Juga mengatakan bahwa Asrama IAIN Curup adalah perguruan tinggi kedua bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang berkuliah di IAIN Curup.

“Sekarang jumlah mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN  berkisar 500 orang terlebih Ma’had ini adalah perguruan tinggi yang kedua bagi mereka di tempah dan didik.” Tutupnya.