SEMARAK PENGABDIAN BERSAMA PROGRAM STUDI PAI (PERMAISURI) 2024: Mahasiswa Berperan Aktif dalam Pemberdayaan Masyarakat

SEMARAK PENGABDIAN BERSAMA PROGRAM STUDI PAI (PERMAISURI) 2024: Mahasiswa Berperan Aktif dalam Pemberdayaan Masyarakat

HMS IAIN Crp,-Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Curup menggelar acara “Semarak Pengabdian Bersama” dengan tema “Peran Mahasiswa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dari Kampus Ke Aksi Nyata”.

Adapun Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat melalui aksi nyata. Kegiatan Ini Berlangsung selama 3 Hari di mulai tanggal 20 sampai 23 Juni 2024 desa Sindang Jati Kabupaten Rejang Lebong.

Berbagai kegiatan positif dilaksanakan selama empat hari tersebut, antara lain:

  1. Pengajian Umum dan Ceramah – Ustadz Riang Adeko, Ketua Umum HMPS PAI 2024, memberikan pengajaran agama yang memotivasi dan memberi inspirasi kepada peserta.
  2. Silaturahmi dan Bersih-Bersih Tempat Ibadah – Mahasiswa, masyarakat, dan pihak kepolisian Polsek Sindang Kelingi bersatu dalam silaturahmi dan membersihkan tempat ibadah seperti Masjid, Gereja, dan Vihara.
  3. Lomba Islami dan Lintas Agama – Lomba adzan, bacaan surah pendek, cerdas cermat, dan mewarnai diadakan untuk memperkuat pengetahuan agama dan toleransi antaragama.
  4. Sosialisasi Prodi PAI di Sekolah – Upaya untuk memperkenalkan Program Studi PAI kepada siswa-siswi di berbagai sekolah.
  5. Lomba Outbond dan Bazar – Kegiatan lomba outbond dengan anak-anak dan masyarakat setempat, serta bazar pakaian gratis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dalam wawancara Ketua Umum HMPS PAI 2024, Riang Adeko, menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan inisiatif unggulan sejak saya menjabat sebagai Ketua Umum HMPS PAI 2024. Saya bersyukur acara ini berjalan lancar dan mendapat sambutan positif dari masyarakat Sindang Jati. Kami berharap untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Desa Sindang Jati untuk kegiatan-kegiatan masa depan. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Kampus IAIN Curup, khususnya Prodi PAI, serta membawa nuansa positif bagi rekan mahasiswa agar lebih terbuka dan mampu berkontribusi secara positif dalam masyarakat,”Katanya Riang, Ahad (23/6/2024).

Dengan semangat pengabdian dan kebersamaan, acara “Semarak Pengabdian Bersama” menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat serta meningkatkan kesadaran akan peran penting mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat.