UKM Mapasta IAIN Curup Ikut Pelatihan Teknis Pertolongan Pertama Bersama Basarnas

UKM Mapasta IAIN Curup Ikut Pelatihan Teknis Pertolongan Pertama Bersama Basarnas

HMS IAIN Crp,-Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam pertolongan pertama, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapasta (Mahasiswa Pencinta Alam) IAIN Curup turut serta dalam pelatihan teknis yang diadakan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Pelatihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dalam penanganan keadaan darurat di alam terbuka.

Acara pelatihan ini dihadiri oleh berbagai elemen instansi terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Mereka turut serta dalam mendukung kegiatan ini dengan menyediakan tenaga ahli dan fasilitas yang diperlukan.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Balai Diklat Danau Mas Harum Bastari, Karang Jaya, Kecamatan Seluput Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Selama pelatihan, peserta melakukan berbagai kegiatan seperti pembelajaran materi pertolongan pertama, sesi praktek langsung, dan uji kompetensi. Pelatihan ini berlangsung selama 7 hari penuh dimulai dari tanggal 9-15 Juni, memastikan peserta mendapatkan pemahaman yang mendalam dan keterampilan yang teruji.

Adapun Narasumber dalam acara ini berasal dari Basarnas , yang merupakan tenaga ahli dalam bidang pencarian dan pertolongan. Mereka memberikan pengetahuan dan pengalaman yang berharga kepada peserta, sehingga mereka dapat mengaplikasikannya dengan baik di lapangan.

Fauzan Ramadhan (Ketua Umum Mapasta) dan Ariansyah (Kabid Diklat Mapasta)

Peserta pelatihan, Dari IAIN Curup Fauzan Ramadhan (Ketua Umum Mapasta) dan Ariansyah (Kabid Diklat Mapasta), merasa senang dengan Kegiatan ini. Mereka mengapresiasi penyampaian materi yang jelas dan mendukung.
“Harapanya, agar Basarnas dapat mengadakan pelatihan serupa di masa yang akan datang. Karena Kami menyadari betapa pentingnya pelatihan ini bagi kami yang aktif berkegiatan di alam terbuka,”Kata Fauzan dalam Wawancara, Sabtu (15/6/2024).

Semoga acara pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam pertolongan pertama di alam terbuka.