Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

HMS IAIN Crp,-Sivitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup laksanakan upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Lapangan Depan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Sabtu (01/06/2024). Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (Kabiro AUAK) Dr. Zahdi Taher M.H.I  sebagai pembina upacara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Pimpinan, pegawai ASN termasuk dosen dan karyawan, perangkat akademik, pejabat struktural, tenaga kependidikan, dan tenaga kontrak di lingkungan, Serta Mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Pada kesempatan tersebut, Kabiro AUAK menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ia mengajak komponen bangsa membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

mengajak semua komponen bangsa dalam momentum yang sangat bersejarah ini, di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini, Jelas Dr. Zahdi.

Kedepannya Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara/ Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi.

Lebih Lanjut Kabiro AUAK mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Pada wawancara Dr. Zahdi mengatakan harapanya pada momuntem hari lahir pancasila ini kepada seluruh pemuda terkhusunya kepada mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup.

“Harapannya pada lahirnya pancasila 1 Juni 2024 ini pembelajaran bagi kita termasuk mahasiswa bahwa kelahiran pancasila ini merupakan suatu anugerah yang besar, karena pancasila diyakini sebagai sumber pemersatu bangsa Indonesia yang dulunya terdiri dari berbagai suku agama sampai hari ini, berbagai pulau, dengan pancasila kita dapat kokoh menjadi bangsa yang besar,” Kata Dr. Zahdi.

Dr. Zahdi juga menjelaskan “Harapannya kita semua pemuda bangsa termasuk mahasiswa didalamnya agar senantiasa menggali nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dalam kehidupa sehari-hari,”Harap Kepala Biro.

Kepala AUAK IAIN Curup juga mengharapkan kepada seluruh Pemuda “ Tidak ada diskhurusus pancasila dalam nilai-nilai agama, Sesungguhnya nilai-nilai Pancasila ada dalam nilai-nilai agama sebaliknya nilai ajaran agama terangkum dalam ajaran nilai-nilai pancasila jadi tidak perlu diperdebatkan salah benarnya, tetapi mari kita cari persamaanya untuk memperkokoh nilai-nilai persatuan ditempat tugas, kerja, tempat daerah kita masing-masing agar bisa tetap kokoh,” Ujarnya.

Terkahir sebagai penutup dalam wawancara kapala Biro AUAK Sekaligus Pembina Upacara Hari Lahir Pancasila juga mengajak “Sebentar Lagi Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 Maka kepada mahasiswa harapannya untuk sungguh-sungguh belajar mempersiapkan diri sebagai generasi melenial, bahwa merekalah yang kedepannya akan menjadi pemimpin bangsa yang harus faham dengan perkembangan teknologi Informasi, perkembangan Sains, dalam mempersiapkan generasi Indonesia Kedepan,”Tutup Dr. Zahdi dalam wawancara.