Apel Rutin Mingguan: Wakil Rektor III Sampaikan Kegiatan Terkait Kemahasiswaan

Apel Rutin Mingguan: Wakil Rektor III Sampaikan Kegiatan Terkait Kemahasiswaan

HMS IAIN Crp,-Pelaksanaan kegiatan apel pagi rutin mingguan di IAIN Curup berlangsung dengan lancar dan khidmat. Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Pimpinan, pegawai ASN termasuk dosen dan karyawan, perangkat akademik, pejabat struktural, tenaga kependidikan, dan tenaga kontrak di lingkungan IAIN Curup. Apel ini dilaksanakan di lapangan depan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup, Senin (27/5/2024).

Wakil Rektor III IAIN Curup, Dr. Nelson, M.Pd.I, bertindak sebagai pembina apel dan mengawali dengan amanat mengenai Dana Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang merupakan dana langsung dari Kementerian Agama.

“Untuk tahun 2024, berdasarkan informasi dari rektorat dan Dirjen Diktis, usulan KIP sudah ditentukan dan diajukan kepada Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan,”kata Dr. Nelson.

Selanjutnya Warek III Menyambut tahun ajaran baru, akan dilaksanakan kegiatan Penerimaan Bantuan Pendidikan (PBAK) berdasarkan keputusan Diktis Kementerian Agama.

“Penyelenggaraan PBAK melibatkan unsur pimpinan dari rektor hingga mahasiswa. Aturan PBAK tahun 2024 menegaskan bahwa kegiatan ini tidak melalui rapat senat, melainkan dibuka langsung oleh Rektor dengan pengukuhan mahasiswa baru,”Jelas Pembina apel.

Lebih lanjut Pembina menjelaskan Organisasi mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Dewan Eksekutif Mahasiswa DEMA, berada di bawah naungan fakultas masing-masing, sedangkan Unit Kegiatan Khusus (UKK), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), DEMA-Institut dan SEMA-Institut berada di bawah naungan Wakil Rektor III.

“Untuk anggaran HMPS, DEMA, SEMA fakultas, diharapkan agar disusun bersama dan diajukan ke perencanaan guna kelancaran kegiatan di fakultas, sedangkan UKK, UKM, DEMA-I, SEMA-I berada dibawah Naungan Wakil Rektor III” Tutup Dr Nelson dalam amanatnya.

Apel pagi ditutup dengan pembacaan doa dan kegiatan absensi sebelum peserta melanjutkan aktifitas sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Semoga kegiatan ini memberikan semangat dan kesatuan bagi seluruh civitas akademika IAIN Curup.