Peringati Harkitnas ke-116 Tahun 2024, IAIN Curup Sambut Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas

Peringati Harkitnas ke-116 Tahun 2024, IAIN Curup Sambut Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas

HMS IAIN Crp,-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional di lapangan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah pada Senin (20/5/2024). Upacara ini dipimpin oleh Wakil Rektor I, Dr. Yusefri, M.Ag, yang diikuti oleh seluruh civitas akademika, termasuk dosen, tenaga kependidikan, perwakilan mahasiswa, dan lainnya.

Upacara berlangsung lancar, khidmat, dan penuh rasa nasionalisme. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati peristiwa 116 tahun yang lalu, ketika para pemuda Indonesia, khususnya Persatuan Boedi Oetomo, berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari cengkraman penjajah.

Momen ini tidak hanya untuk mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga untuk merenungkan perjuangan luar biasa para pemuda terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dr. Yusefri menyampaikan bahwa ini merupakan tugas besar bagi pemuda Indonesia untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Selama upacara, Wakil Rektor I IAIN Curup membacakan amanat tertulis dari Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) RI, Budi Arie Setiadi S.Sos MSi. Tema yang diusung pada Hari Kebangkitan Nasional tahun ini adalah “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.

Dalam sambutannya, Dr. Yusefri menyatakan “bahwa pendidikan merupakan elemen dan instrumen penting dalam mencapai Indonesia Emas tahun 2024. Mahasiswa di perguruan tinggi dianggap sebagai objek penting, di mana kuantitas dan kualitas mahasiswa menjadi tolok ukur kualitas perguruan tinggi,” Kata Pembina Upacara.

Kemajuan teknologi juga menjadi sorotan dalam sambutan Menkominfo, di mana teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan mendorong perubahan revolusioner dalam kehidupan manusia. Dr. Yusefri menekankan bahwa penguasaan teknologi merupakan kunci untuk menyongsong masa depan “Indonesia Emas”.

Dengan semangat kebangkitan dan fokus pada pendidikan serta teknologi, IAIN Curup turut berkontribusi dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk meraih Indonesia Emas di masa depan.