Prodi IAT IAIN Curup Gelar pembukaan Daurah Qur’an, Dekan FUAD Dukung kajian serius mengenai Al-Quran

Prodi IAT IAIN Curup Gelar pembukaan Daurah Qur’an, Dekan FUAD Dukung kajian serius mengenai Al-Quran

HMS IAIN Crp,-Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) IAIN Curup Gelar pembukaan Daurah Qur’an di Aula Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas UAD, Wakil Dekan II,III, Kasubbag TU, dan Ketua Prodi dilingkungan Fakultas UAD serta dosen-dosen prodi IAT, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan tahunan yang diadakan oleh Program Studi  Ilmu Al-Quran dan Tafsir ini memupuk semangat mahasiswa untuk mempelajari kalamullah dan mengaktualisasikan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.  Dengan mengangkat  tema pelaksanaan “Bersama al-qur’an tulis asa, ukir cita-cita, gapai prestasi wujudkan generasi gemilang” diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan program ini sebagai langkah penguatan keprodian. Daurah Qur’an bertujuan untuk mewujudkan Pembentukan mahasiswa yang memiliki kompentensi dibidang Tahfidz Al-Qur’an pada Prodi IAT Fakultas UAD, IAIN Curup sebagai ruang aktualisasi dan aplikasi gagasan.

Mengawali sambutan Dekan FUAD IAIN Curup, Dr. Fakhruddin, M.Pd.I, menyampaikan dukungan terhadap kegiatan ini, menyampaikan harapannya akan terciptanya para penghafal al-quran yang mampu menerapkan hafalannya didalam kehidupan.

“Al-quran adalah induk dari semua ilmu dan sudah menjadi tanggung jawab Prodi IAT untuk menjaga bagaimana nilai-nilai Al-Qur’an itu tidak hanya di baca secara saja tetapi harus bisa menemukan hubungan antara al-qur’an itu sendiri dengan kehidupan yang sedang dijalani,” kata Dekan.

Selanjutnya Dekan  juga menyoroti peran penting Prodi IAT sebagai inti dari kegiatan akademis di kampus, dengan memberikan dukungan terhadap kemajuan Program Studi IAT melalui kajian serius mengenai al-Quran.

“Melihat realita yg ada saat ini, kajian terhadap al-Quran tidak lagi menjadi hal yg utama dalam kajian intelektual, terkhusus dikampus IAIN Curup. Sehingga harapan kedepannya al-Quran dapat menjadi salah satu fokus utama dalam kegiatan akademis,” tambahnya.

Lebih lanjut Ketua Prodi IAT, Nurma Yunita, M.Th. menjelaskan tentang program daurah Quran ini merupakan salah satu upaya penguatan keprodian.

Dalam kata sambutannya Ketua Prodi IAT sekaligus ketua pelaksana kegiatan Daurah Quran ini menuturkan

“Kegiatan Daurah Quran tahun 2024 akan dilaksanakan selama satu bulan dengan target hafalan Mutqin 5 Juz. Namun adik-adik mahasiswa diharapkan agar tidak terbebani dengan target yang telah ditentukan. Tetap fokus dan semangat dalam menghafal al-Quran agar hasil yg didapat sesuai dengan yang diharapkan,” Tuturnya.