17 Pegawai PPPK IAIN Curup Ikuti Ceremony Orientasi Via Online, Menag Tegaskan ASN Harus Bangun Cara Berpikir Melayani

17 Pegawai PPPK IAIN Curup Ikuti Ceremony Orientasi Via Online, Menag Tegaskan ASN Harus Bangun Cara Berpikir Melayani

HMS IAIN Crp,-Bedasarkan surat pusdiklat Tenaga Administrasi Badan penelitian dan Pengembangan dan pendidikan dan Pelatihan Kementerian agama Republik Indonesia N072/P.IV/KP.02.2/01/2024, tanggal 20 Januari 2024 tentang Orientasi PPPK.

Pelaksanaan Pembelajaran Mandiri Melalui MOOC (Massive Open Online Course) dilaksanakan pada tanggal 15 Januari sampai dengan 2 Februari 2024, sedangkan secara klasikal akan dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2024.

Adapun pada tanggal 25 Januari 2024 Ceremony Pembukaan Orientasi PPPK oleh Kementerian agama Republik Indonesia. Di  Aula Anwar Musyaddad UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Sebanyak 17 Pegawai PPPK IAIN Curup, di dampingi Oleh Wakil Rektor II dan JFT Kepegawaian mengikuti Ceremony Orientasi Secara Online (Link Zoom) yang di Pusatkan di Ruang Rapat Rektorat Lantai 2 IAIN Curup, yang  Kamis (25/1/2024). Kegiatan ini dihadiri 10.300 peserta yang mengikuti daring Seluruh Indonesia dan 1.500 peserta hadir secara langsung.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Men–sapaan Menag RI Yaqut Cholil Qoumas, menegaskan bahwa seluruh ASN harus memiliki mental dan cara berpikir melayani bukan untuk dilayani. Tak hanya itu, ASN harus memberikan manfaat dan berdampak bagi pelayanan publik.

“ASN harus membangun cara berpikir melayanai. Melayani apa? melayani publik,” katanya (dikutip dari erakini.id/nasionalera)

Sikap-sikap tersebut dapat dipraktekan dengan bertindak, berpikir, bertanggung jawab, terhadap apa yang menjadi kewajiban dan tugasnya. Karena itu, Menag yakin Diklat menjadi sarana penting bagi para ASN sebab akan berdampak positif terhadap pelayanan publik.

Gus Men lalu mengungkapkan bahwa, tanggung jawab melayani itu karena ASN memang tugasnya membantu masyarakat. Tidak semua bisa menjadi ASN, karena itu para pegawai Kemenag baik PPPK maupun PNS harus bersyukur bisa diberikan kesempatan mengabdi untuk masyarakat.

Gus Men yakin, dibalik capaian menjadi ASN ada peran orang tua maupun pihak lain yang memberikan kesempatan. Bila ingin sukses, lanjut Gus Men, harus banyak berterimakasih dan memberikan manfaat.

“Berterima kasihlah secara sungguh-sungguh antara hati, kata, dan perbuatan kepada orang tua, kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan kesempatan kepada saudara-saudara semua. Tanpa kebijakan yang diambil oleh Presiden Joko Widodo maka tidak akan pernah saudara sekalian menjadi ASN PPPK. Tahu bagaimana berterima kasih? Dialog sampai kita tahu cara berterima kasih, jadi kalau ini diklat ya ditambah sebulan sampai ngerti caranya berterima kasih,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, H. Suyitno, melaporkan, peserta orientasi P3K yang akan dilaksanakan selama 1 minggu berjumlah 10.300 peserta. Kegiatan itu juga digelara secara serentak seluruh Indonesia.

“Peserta mayoritas adalah Guru dengan jumlah 4.281 orang, kemudian sebanyak 1.537 dosen, sisanya fungsional 300 eselon pusat, kantor wilayah, kabupaten, kota,” tuturnya.

Setelah arahan Gus Men, kegiatan dilanjutkan dengan Pendidikan dan Latihan selama seminggu mulai dari penguatan karakter, disiplin, yang langsung didampingi widyaiswara.