Peneriman Mahasiswa Baru PTKIN Resmi Dibuka, Ini Jalurnya

Peneriman Mahasiswa Baru PTKIN Resmi Dibuka, Ini Jalurnya

HMS IAIN Crp,-Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB PTKIN se-Indonesia ini dirilis secara serentak oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di Jakarta, Jumat (19/1/2024) malam. Dari peluncuruan ini diketahui bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2024 akan mulai dilaksanakan pada 22 Januari 2024.

Menurut KH Yaqut Cholil, guna mewujudkan cita-cita dari start to be smart tentu dengan menjadikan posisi PTKIN bernilai kualitas yang bermutu, memiliki distingsi dan ekselensi keilmuan sesuai kebutuhan zaman, serta benchmarking yang terstuktur.

“Semua insan kementerian agama terutama pengelola pendidikan harus menjadi teladan. Perguruan Tinggi Islam memiliki banyak keunggulan. Karena itu, keunggulan tersebut harus dikola sebagai sebuah daya tarik dengan menciptakan inovasi atau kreasi,” ungkap KH Yaqut Cholil.

Sedangkan jalur pendaftaran yang segera dibuka adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

Ketua Pelaksana PMB PTKIN Nyanyu Khodijah menjelaskan, terdapat tiga jalur PMB PTKIN, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk (UM), dan jalur mandiri.

“SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan seleksi masuk berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya,” kata Nyanyu yang kini menjabat sebagai Rektor UIN Palembang.

Sementara, jalur UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan 1 PTN dengan Program Studi keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama RI melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Berikut Tanggal SPAN-PTKIN  2024. 

  1. Pengisian pendaftaran satuan Pendidikan (PDSS) Oleh Sekolah

22 Januari-05 Februari 2024

  1. Pendaftaran SPAN-PTKIN Oleh Siswa

12 Februari-15 Maret 2024

  1. Pengumuman Hasil SPAN-PTKIN

2 April 2024

Info SPAN-PTKIN bisa diakses dilaman https://span.ptkin.ac.id/page

Berikut Tanggal UM-PTKIN

Pendaftaran Siswa : 6 Mei – 15 Juni 2024

Ujicoba SSE UM PTKIN : 21-22 Juni 2024

Ujian SSE UM PTKIN : 24 Juni – 4 Juli 2024

Pengumuman : 17 Juli 2024

nformasi mengenai UM PTKIN bisa diakses melalui laman: https://um.ptkin.ac.id

Sumber :Panitia PMB PTKIN 2024
Learn more