IAIN Curup Sukses Laksanakan Peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama RI

IAIN Curup Sukses Laksanakan Peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama RI

HMS IAIN Crp,- Menyemarakan peringatan Hari Amal Bakti Ke-78 (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia, Institut Agama Islam Negeri IAIN Curup Menyelengarkan Berbagai Kegiatan mulai 20 Desember-3 Januari 2024. Rangkaian peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia di IAIN Curup diawali dengan berbagai Perlombaan yang di Ikuti seluruh  keluarga besar civitas akademika IAIN Curup.

Adapun perlombaan yang diadakan seperti Volly, Tenis Meja, Baminton, Futsal, Catur dan Lain sebagainya, yang berlangsung pada 20 Desember 2022 yang di buka langsung Dr. Yusefri, M.Ag selaku  Wakil Rektor I sekaligus Ketua Panitia,  atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia meskipun dalam waktu singkat dapat mempersiapkan penyelenggaraan HAB ke-78 di IAIN Curup.

“Pelaksanaan peringatan dalam rangka HAB tahun ini berdasarkan himbauan surat edaran Sekjen Kemenag agar dilaksanakan kegiatan yang diiringi dengan lomba dan bakti sosial yang alhamdulillah dapat kita laksanakan pada hari ini”, ucap Wakil Rektor I.

Rangkaian perlombaan ini di ikuti dengan antusias keluarga besar civitas akademika IAIN Curup.  Rangkaian peringatan HAB ke- 78 di IAIN Curup akan ditutup dengan apel pada hari Rabu 3 Januari 2024 dan lomba menghias tumpeng Serta Lomba Karaoke  yang diikuti seluruh fakultas dan unit di lingkungan IAIN Curup.

Wakil Rektor I Sampaikan Amanat Kemenag pada HAB Kemenag RI Ke-78, Rabu (3/01/2024).

Selanjutnya, dalam Apel peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kemenag RI tahun ini mengangkat tema “Indonesia Hebat Bersama Umat “. Apel yang di ikuti  ASN, dan Mahasiswa Berprestasi IAIN Curup, yang dilaksanakan di Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah bertindak sebagai Inspektur Apel adalah Wakil Rektor I sekaligus membacakan Amanat Menteri Agama RI pada HAB ke-78 Kementerian Agama RI.

“Setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir kementerian Agama, Spirit ini mewujudkan dalam bentuk Amal Bakti yang semakin mendalam dari paripurna. Hati Amal Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat,”Wakil Rektor I membaca sambutan Menag RI H Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutan menteri Agama yang di Amanatkan Wakil Rektor I IAIN Curup menegaskan juga.

Sabagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas kementerian agama tidak ringan. Di antara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan  beragama sebagai salah satu pilar kerukunan Nasional. Tugas berat ini dilaksanakan diantaranya dengan memberikan layanan yang adil, Trasparan, Akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa memalui pendidikan Agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujukan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

Selanjunya dalam amanat menteri Agama RI yang dibacakan Wakil Rektor I, Mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk Meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Indonesia hebat bersama umat adalah tema yang di usung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa kita harus harus membersamai umat menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat kita memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

Lebih lanjut pesan yang disampaikan menteri agama mengajak ASN dibawah Naungan Kemenag RI, Pada tahun 2024 ini, kita dihadapkan pada peristiwa politik, yakni pemilihan umum. Agenda politik ini adalah salah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda kita semua sebagai warga negara. Dalam kesempatan ini, saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN kementerian agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

Sebagai penutup dalam sambutan kemenag RI yang disampaikan WakilRektor I menyampaikan, Sebagaimana tahun Sebelumnya, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, kementrian Agama tahun ini kembali mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan satyalencana Karya Satya kepada 10.198 Pegawa Negeri Sipil kementrian Agama. Dan permohonan itu dikabukan bapak Presiden, diberikan Penghargaan satyalencana Karya Satya 30 tahun kepada 1.072 orang, 20 yahun kepada 2.810 orang, dan 10 tahun kepada 6.317 orang PNS Kemenag RI.

Adapun di Lingkup IAIN Curup Ada 10 Orang PNS yang mendapatkan satyalencana Karya Satya yang langsung diberikan oleh Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd.I Rektor IAIN Curup dan dilanjutkan memberikan Apresiasi kepada 24 mahasiswa Berprestasi IAIN Curup, serta kegiatan pedonoran darah dan Pembagian Hadiah Lomba yang dilaksanakan di Aula Rektorat Lantai I.