IAIN Curup jalin Kerjasama MoU dengan Al-Azhaar lubuk Linggau, perkuat kolaborasi penelitian dan pertukaran Mahasiswa

IAIN Curup jalin Kerjasama MoU dengan Al-Azhaar lubuk Linggau, perkuat kolaborasi penelitian dan pertukaran Mahasiswa

HMS IAIN Crp,-Jalin kerjasama yang lebih erat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Laksanakan Tanda tangan Memorandum of Understanding  (MoU) dengan Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuk Linggau, Penandatangan ini berlangsung di ruang rapat rektorat lantai 2 penandatanganan MOU dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dari kedua institusi  yang bertujuan untuk menguatkan sinergi dalam bidang akademik dan penelitian serta pengabdian Masyarakat, Selasa (19/12/2023).

Rektor IAIN Curup, bersama dengan Wakil Rektor II dan III, Kabag ULA, Dekan Fakultas Tarbiyah, Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI), serta Ketua Program Studi Ekonomi Syari’ah dan Program Studi Perbankan Syari’ah turut serta dalam penandatanganan ini dari IAIN Curup. Sementara dari IAI Al-Azhaar, hadir Warek I, II, dan III, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI), Ketua Program Studi MPI, Perbankan Syari’ah, dan HKI, LPM IAI Al-azhaar serta  mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan di IAIN Curup.

Mengawali sambutanya Prof. Dr. Idi Warsah M.Pd.I, Rektor IAIN Curup, mengungkapkan antusiasmenya  terhadap kolaborasi ini dengan menyebut rencana kerja sama dalam penelitian dan pertukaran Mahasiswa.

“Nantinya akan adanya kolaborasi penelitian serta pertukaran Mahasiswa seperti yang telah ditandatangi bersama Prodi Tarbiyah, MPI, HKI, Perbankan Syari’ah, dan Ekonomi Syari’ah,” katanya.

selanjunya prof Idi juga mengatakan setelah adanya kerjasama MoU ini mempermudah Bagi mahasiswa dan mahasiswi IAI Al-Azhaar Lubuk linggau untuk melakukan penelitian serta belajar di IAIN Curup.

“dengan adanya MoU ini kami sangat menerima dengan hangat baik dari mahasiswa, maupun para dosen yang ada di IAI Al-Azhaar untuk berkolaborasi baik dari pertukaran mahasiswa, kolaborasi penelitian, dan bahkan mahasiswa IAI Al-Azhar bisa belajar tidak harus kesini tapi bisa melalui jejaringan sosial,”jelasnya

Sementara itu, Nasution, S.Ag, M.Pd.I, selaku Wakil Rektor I IAI Al-Azhaar Lubuk Linggau yang mewakili Rektor, dalam sambutnya juga.

“Semoga dengan adanya penandatanganan MOU ini, kampus IAI Al-Azhaar bisa banyak belajar dan berkolaborasi seperti penelitian, pertukaran pelajar, serta pengabdian masyarakat. Kami juga membawa mahasiswa yang telah mengenyam Program Doktor di pasca sarjana IAIN Curup,” ujarnya.

Acara penandatanganan MOU ditutup dengan pertukaran cinderamata dari masing-masing Program Studi yang terlibat dalam kesepakatan ini, yaitu Tarbiyah, HKI, MPI, Ekonomi Syari’ah, dan Perbankan Syari’ah. Kolaborasi ini menandai langkah penting dalam memperkuat kerjasama antara kedua institusi untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pertukaran ilmu pengetahuan.