Tingkatkan Mutu Akademik Taraf Internasional, Ketua Prodi S3 PAI IAIN Curup Ikuti Overseas Short Course di Istanbul Turkey

Tingkatkan Mutu Akademik Taraf Internasional, Ketua Prodi S3 PAI IAIN Curup Ikuti Overseas Short  Course di Istanbul Turkey

HMS IAIN Crp,-Direktur pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Muhammad Ali Ramdhani Secara Resmi 28 peserta  Overseas Short  Course ke Istanbul Turkey yang berlangsung selama 2 minggu, 9-22 Desember 2023.

Short course ini meliputi 3 (tiga) bidang area yaitu overseas research methodology, overseas academic writing, and overseas community development yang akan difasilitasi oleh Research Centre for Islamic Economics (IKAM) in Istanbul, Turkey.

Sebanyak 28 peserta yang diikutsertakan merupakan para dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia yang lolos seleksi litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat) pusat tahun 2022.

28 peserta sedang mendengarkan materi di Istanbul Turkey 2023

Salah satu Dosen Pasca Sarjana Dr. Dewi Purnama Sari Ketua Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup,  menjadi salah satu dari 28 peserta Overseas Short Course on Research Methodology, Academic Writing, and Community Development ke Istanbul, Turkey.

Dalam wawancara Dr. Dewi mengungkapkan, meskipun baru bisa terlaksana di tahun 2023 ini karena berbagai faktor, namun tidak menyurutkan semangat untuk mendapatkan pelatihan tentang riset metodologi yang akan berlangsung selama 2 minggu, 9-22 Desember 2023.

Selanjutnya Dr. Dewi juga menjelaskan tahapan seleksi melalui litapdimas yang telah ia lalui pada Kluster Short Course Overseas Research Methodology, diantaranya tahap administrasi, proposal riset hingga wawancara via platform Zoom.

“Harapannya, pertama meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang metodologi penelitian, publikasi ilmiah, dan community developmment yang nantinya bisa diterapkan di IAIN Curup, adapun yang kedua menjajaki networking research collaboration and publication, dan  ketiga menjajaki networking institusi,”kata Ketua Prodi S3 PAI IAIN Curup, Rabu (13/12/2023).

Lebih Lanjut , Dewi berharap outcome yang dihasilkan dari short course ini peserta dapat menjalin kolaborasi riset internasional atau visiting scholar di tahun yang akan datang.

“Dengan terpilih sebagai perwakilan IAIN Curup di ajang Internasional, akan semakin memantapkan IAIN Curup menjadi salah satu kampus Islam rujukan riset Internasional,”

Para peserta dilepas secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani di Tuscany Boutique Hotel Tanggerang, Sabtu (09/12).

Prof Dani berpesan agar peserta short course dapat menemukan metodologi riset yang baru dan berbeda dengan metodologi yang didapatkan selama ini untuk diterapkan di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ahmad Zainul Hamdi berpesan agar peserta short course sebisa mungkin memanfaatkan peluang ini dengan belajar serius dan sungguh-sungguh serta dapat menghasilkan output dan outcome yang dapat dinikmati dan dicontoh oleh para dosen yang punya cita-cita melakukan hal sama.

“Tolong jangan lupa jaga nama baik diri,  lembaga masing-masing dan Kementerian Agama Republik Indonesia,” katanya dikutip dari berita kemenag RI.

28 peserta ikuti Overseas Short  Course di Istanbul Turkey 2023.